Erick Thohir Jadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang, Pengamat: Jokowi Percaya Penuh

Menteri-BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki hubungan spesial dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terbukti, Jokowi memberikan kepercayaan Erick Thohir sebagai ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pengamat Politik Fernando EMaS kepada INDOPOS.CO.ID, Kamis (24/11/2022). Ia menilai, kepercayaan penuh Jokowi diberikan kepada Erick merupakan sinyal-sinyal politik.

“Pak Jokowi itu bila memberikan kepercayaan kepada seseorang itu ingin menunjukkan sesuatu (sinyal-sinyal politik). Sebelumnya pada pernikahan putrinya, dia memberikan kepercayaan kepada Moeldoko,” terangnya.

“Ini (ditunjukkan Erick menjadi ketua panitia) tidak main-main. Sukses tidaknya acara tergantung Pak Erick. Pak Jokowi mempertaruhkan kehormatan keluarga kepada Pak Erick,” imbuhnya.

Ia menilai, kepercayaan Jokowi kepada Erick Thohir merupakan sebuah ujian. Bagaimana dia diberikan panggung oleh Presiden Jokowi. “Ini baru panggung keluarga, mungkin saja nanti diberikan panggung di 2024 nanti,” ucapnya.

Menurut dia, dukungan Jokowi kepada Erick Thohir di 2024 merupakan hal yang wajar. Karena, dia harus mendukung semua calon potensial di 2024. “Ini bentuk netralitas Jokowi kepada calon di 2024 nanti,” ungkapnya.

Dikatakan dia, Jokowi melihat potensi pada sosok Erick Thohir. Potensi tersebut sebagai calon wakil presiden (Cawapres) 2024. Siapapun yang berpasangan dengan Erick akan mendapat keuntungan. Karena tantangan ke depan terkait perekonomian.

“Erick harus cermat dengan siapa nanti 2024. Karena potensi Erick ini sangat dibutuhkan, karena terkait perekonomian,” ujarnya.

“Dengan kepercayaan Jokowi ini, Erick harus memanfaatkan itu. Tapi jangan terlena, karena penentu kemenangan itu rakyat Indonesia bukan Pak Jokowi,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version