Pentingnya Edukasi Masyarakat, Hapus Stigma Perempuan “Konco Wingking”

Peran-Perempuan

Menteri PPA hadir di pembukaan pameran di Musium Nasional, bersama Sekjen Kemdikbudristek dan Dirjen Kebudayaan. (Kemdikbudristek for INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Pameran The Truth Inside You menjadi sarana edukasi bagi masyarakat bahwa peran perempuan sangat besar bagi Indonesia sejak berabad silam.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid dalam keterangan, Sabtu (17/12/2022).

Ia mencontohkan, sejumlah peninggalan budaya masa lampau seperti artefak-artefak yang menjadi jejak nyata kontribusi perempuan untuk turut membangun peradaban masyarakat Tanah Air.

“Kita bisa belajar banyak dari pameran ini. Merefleksikan kembali perjalanan kita dan bisa mengembangkan konsep-konsep tentang kebudayaan perempuan yang betul-betul berbasis dari kebudayaan kita,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (PPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengatakan pameran The Truth Inside You dapat menjadi momentum bagi masyarakat untuk memahami berbagai catatan etnografi dari masa lampau, yang membuktikan besarnya peran perempuan.

“Kita bisa mengenang kembali arti penting perjuangan perempuan bagi masyarakat, khususnya generasi muda,” katanya.

Ia menyebut, hingga saat ini begitu banyak pengalaman perempuan yang belum diketahui dan luput dari apresiasi. Padahal kaum perempuan tersebut, telah meletakkan dasar untuk terbentuknya bangsa ini.

Diketahui, untuk memperingati Hari Ibu 22 Desember mendatang, Museum Nasional menggelar pameran bertema The Truth Inside You. Salah satu tema dalam pameran tersebut misalnya koleksi bertajuk Anything, yang mengangkat potensi dan keterlibatan perempuan di berbagai sektor.

Mendobrak stigma lama ‘perempuan sebagai konco wingking’, melalui sudut pandang baru yang tidak lagi diartikan konvensional, tapi sebagai perempuan di balik layar yang mampu menciptakan pribadi-pribadi tangguh, potensial, dan adaptif.
(nas)

Exit mobile version