SE Menag 15/2022: Tenda di Luar Komplek Gereja Seizin Kepolisian dan Satgas Covid-19

gereja

Jemaah gereja menjalankan ibadah. (dok INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Surat Edaran (SE) Menteri Agama Perayaan Natal 2022 di Masa Pandemi Covid-19 mengatur pelaksanaan ibadah Natal secara luring. Dalam SE tersebut perayaan bisa dihadiri jemaah maksimal 100 persen dari kapasitas ruangan gereja.

“Jumlah jemaah yang mengikuti kegiatan ibadah dalam Perayaan Natal 2022 secara luring maksimal 100 persen dari kapasitas ruangan. Pelaksanaannya tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” terang Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Jika jemaah melebihi kapasitas maksimal 100 persen, menurut dia, panitia bisa menambah kapasitas ruangan ibadah. Dengan memanfaatkan ruang permanen yang ada di luar bangunan utama gereja dan berada di dalam kompleks gereja.

Penambahan kapasitas ruangan ibadah/ jumlah jemaah dengan menggunakan perlengkapan tambahan/tidak permanen berupa tenda atau bentuk lain disesuaikan dengan batas maksimal area yang ditempati dan berada di dalam kompleks gereja,” katanya.

“Penambahan kapasitas ruangan ibadah/jumlah jemaah di luar kompleks gereja dapat dilakukan setelah mendapat izin dari Kepolisian wilayah setempat dan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat,” imbuhnya.

Plt. Dirjen Bimas Katolik A.M. Adiyarto Sumardjono menambahkan, SE Menag Nomor 15/2022 diterbitkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam Perayaan Natal 2022. Selain itu untuk mencegah, menanggulangi, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Edaran ini sebagai bagian dan concern Pak Menteri Agama agar hak-hak beribadah umat Kristiani tetap terpenuhi dan proses ibadah Natal bisa berjalan aman dan nyaman,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Dirjen Bimas Kristen Jeane Marie Tulung. Dia berharap umat Kristiani dapat menyesuaikan Perayaan Ibadah Natal 2022 sesuai dengan edaran Menteri Agama. “Tentu menjadi harapan kita semua, umat Kristiani bisa menjalankan ibadah Natal dengan aman, lancar, dan nyaman,” katanya. (nas)

Exit mobile version