Unjuk Rasa Berujung Kericuhan, DPR: Kepolisian Harus Ungkap Kasus PT GNI

Unjuk Rasa Berujung Kericuhan, DPR: Kepolisian Harus Ungkap Kasus PT GNI - pekerja garmen - www.indopos.co.id

Ilustrasi pekerja di perusahaan garmen. (dok INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian harus mengusut tuntas bentrokan berdarah di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Sabtu (14/1/2023) kemarin. Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani melalui gawai, Selasa (17/1/2023).

Ia menegaskan, pihak yang terbukti bersalah harus diproses secara hukum. Apalagi bentrokan berdarah tersebut menewaskan 2 orang korban di PT GNI.

“Pengusutan jangan hanya fokus pada dampak kerusuhan, tapi juga penyebab terjadinya kerusuhan,” ungkapnya.

“Penyebab yang menjadi pemicu kerusuhan ini harus digali dan jangan pernah diabaikan. Apalagi kericuhan ini bermula dari unjuk rasa pekerja yang menuntut perusahaan. Apa yang mereka tuntut, kenapa mereka unjuk rasa? Ini semua harus jelas,” imbuhnya.

Ia menuturkan, aparat harus menindak jika ditemukan unsur kelalaian yang menjadi penyebab terjadinya kerusuhan tersebut. Termasuk jika ada unsur kelalaian dan pengabaian oleh perusahaan terkait.

Ia meminta agar semua pihak untuk menahan diri yang bisa menyebabkan terjadinya kesimpangsiuran informasi. “Aparat harus segera bertindak cepat agar jangan sampai kasus ini berlarut-larut tanpa adanya kronologi dan penyebab yang jelas,” ujarnya.

“Kepolisian harus segera merilis secara resmi apa sebenarnya yang terjadi agar informasi-infomasi tidak beredar liar,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version