Keren! Pentas Monolog Joane Win Suarakan Stop Pelecehan Seksual

Joane-Win

Pentas monolog Joane Win (IG Regina Art)

INDOPOS.CO.ID – Catatan tahunan Komnas Perempuan 2022 jumlah kekerasan seksual mencapai 4.660 kasus/ tahun. Dimungkinkan kasus kekerasan yang tidak terlaporkan jauh lebih banyak.

Pernyataan tersebut diungkapkan Aktris Teater Joane Win dalam keterangan, Selasa (28/2/2023). Dari data tersebut, menurut dia, berbagai organisasi masyarakat sipil telah menyuarakan upaya penghentian kekerasan dan pelecehan seksual.

Pengesahan atas Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) pada 12 April 2022 lalu, lanjut dia, mewujudkan harapan bagi korban kekerasan seksual untuk mendapatkan perlindungan, keadilan hukum, dan hak pemulihan sebagai korban kekerasan seksual.

“Di Indonesia, sudah ada UU TPKS yang telah disahkan oleh DPR. Kami memberikan apresiasi terhadap para aktivis perempuan, masyarakat, pemerintah dan DPR yang telah mewujudkan upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di Indonesia,” ungkapnya.

Sebelumnya, Regina Art menampilkan pertunjukan monolog Joane Win. Pertunjukan tersebut memberikan pemahaman dan kesadaran pada penonton tentang dampak yang dirasakan oleh korban kekerasan seksual. Pentas tersebut bagian dalam pencegahan kekerasan seksual melalui seni pertunjukan teater.

Pertunjukan monolog yang digelar di Re-Crea Teatro Mexico City, Meksiko tersebut mengkisahkan tentang perjuangan korban kekerasan seksual dalam mengatasi trauma yang panjang dan stigma yang diterima dari masyarakat. (nas)

Exit mobile version