Miris! 704 PMI Ilegal Asal NTT Meninggal dari 2014 Hingga 2022 di Malaysia

pmi

PMI bermasalah di Malaysia. Foto: dok INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Data BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) dari 2014 hingga 2022 ada 704 orang PMI asal NTT yang pulang dari Malaysia dalam kondisi tak bernyawa. Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menegaskan, angka ini sangat memprihatinkan.

“Ini artinya setiap pekan ada 1 sampai 2 orang PMI asal NTT yang meninggal di Malaysia,” ujar Netty Prasetiyani Aher melalui gawai, Sabtu (11/3/2023).

Menurut dia, sebagian besar PMI tersebut pergi dengan jalur tidak resmi atau non prosedural. Mereka terbujuk iming-iming sindikat mafia trafficking.

“Banyaknya masyarakat yang pergi dengan jalur non prosedural ini membuktikan bahwa sindikat mafia penempatan PMI ilegal masih merajalela,” katanya.

“Sudah sejauh apa realisasi komitmen BP2MI dalam memberantas sindikat mafia,” imbuhnya.

Dia mendorong dan meminta agar BP2MI dan instansi terkait mengevaluasi secara besar-besaran penanganan PMI. Khususnya terkait pencegahan penempatan PMI ilegal.

“Penempatan PMI ilegal ini bukan hanya pihak swasta tapi juga oknum-oknum petugas untuk menciptakan jalur gerbang tol pemberangkatan PMI ilegal,” katanya.

“Kalau pemerintah serius sebenarnya tidak sulit untuk membongkar sindikat mafia ini hingga ke akar-akarnya,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version