Dana Desa Rp1 Miliar Lebih, Bamsoet: Gerakkan Perekonomian Rakyat

Pelantikan-DPP-Abpednas

Bamsoet melantik DPP Abpednas (Nasuha/ INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, masa depan Indonesia ada di desa. Di sana menyimpan potensi luar biasa.

“Peran dan fungsi Anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) sangat besar dalam menggali potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya manusia di desa,” ujar Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Ia meminta, agar BPD mengambil peran memastikan dana desa dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa. Pasalnya, alokasi dana desa mencapai lebih dari Rp1 miliar per desa.

“Kehadiran dana desa dimaksudkan sebagai katalisator pembangunan desa yang pemanfaatannya dapat mendorong gerak perekonomian rakyat,” katanya.

“Artinya pengelolaan dana desa tidak hanya menghasilkan output dan outcome, tetapi harus memberikan benefit bagi masyarakat desa,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengapresiasi sejumlah program dan kegiatan yang dilakukan oleh Abpednas, sebagai organisasi yang mewadahi anggota BPD.

Eko melihat kehadiran organisasi yang mewadahi profesi di pemerintahan desa seperti Abpednas sangat penting dalam menjalankan program sesuai tupoksinya masing-masing.

“Apalagi kalau organisasi desa yang ada bisa bersatu saling bekerjasama demi kemajuan pembangunan masyarakat desa,” ujarnya.

Ia berharap organisasi desa yang ada bisa bekerja demi kemajuan desa, menjadi mitra strategis bersama Kemendagri dalam mencapai tujuan bersama.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Abpednas Indra Utama mengatakan, pelantikan pengurus DPP Abpednas masa bhakti 2022-2028 layak menjadi sejarah penting organisasi. Sebab, pertama kalinya DPP Abpednas dilantik sekaligus mendapatkan pembekalan Empat Pilar dari Ketua MPR-RI di gedung MPR-RI.

Menurut dia, amanah mengemban tugas sebagai Ketua Umum DPP Abpednas Indonesia tidaklah ringan mengingat anggota BPD seluruh Indonesia ini diperkirakan mencapai 500 ribuan lebih dan saat ini Abpednas sudah terbentuk di 25 Provinsi di Indonesia.

“Namun dengan dukungan seluruh jajaran pengurus dari pembina, penasehat, dan pengawas Insya Alloh kita bisa bekerja sama,” katanya.

Sekretaris Jenderal DPP Abpednas Deden Syamsuddin menambahkan, Abpednas akan membangun kerjasama dan berkolaborasi tidak hanya dengan instansi dan lembaga teknis, tapi juga dengan stakeholder desa, lembaga negara lain dan swasta dalam membangun desa.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melantik pengurus DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (DPP Abpednas) Indonesia. Pelantikan dilakukan di Ruang Delegasi Gedung Nusantara V MPR-RI Senayan Jakarta.(nas)

Exit mobile version