Festival Budaya Jadi Ruang Edukasi dan Pola Literasi Bagi Siswa

Festival Budaya Jadi Ruang Edukasi dan Pola Literasi Bagi Siswa - festival musik konser - www.indopos.co.id

Festival budaya Baik Numfor (Kemdikbudristek untuk INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah terus meningkat sektor pariwisata melalui kebudayaan. Salah satunya event Sail Teluk Cenderawasih Papua 2023. Program tersebut menjadikan adat dan budaya sebagai instrumen untuk membangun keseimbangan
tatanan kehidupan.

Kegiatan pariwisata ini diklaim berdampak pada kesejahteraan masyarakat, membangun kecintaan dan kebanggaan, adat dan budaya Biak Numfor. “Kegiatan berbasis kearifan lokal, membangun edukasi dan pola literasi budaya bagi siswa,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Biak Numfor Oni Dangaebun dalam keterangan, Minggu (19/3/2023).

Ia menuturkan, pihaknya komitmen melestarikan, membangun konsep dan konsolidasi ekonomi berbasis kearifan lokal. Even yang berlangsung hingga 20 Maret besok tersebut mengusung tema “Menguatkan Budaya Membingkai Pesona”.

Dia berharap, kegiatan tersebut memberi hiburan dan semangat bagi masyarakat Baik Numfor. “Hiburan rakyat ini sengaja kami hadirkan untuk menarik masyarakat bisa datang ke rangkaian kegiatan Festival Budaya Biak. Karena sudah lama tidak ada hiburan seperti ini di Biak Numfor,” katanya.

“Melalui event ini, kami juga berikan ruang untuk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) agar berkembang,” imbuhnya.

Diketahui, ribuan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor berbondong-bondong datang ke pesta rakyat Festival Budaya Biak, Sabtu (18/3/2023) malam. Hiburan rakyat tersebut mengangkat budaya Biak Numfor dengan penampilan lagu-lagu daerah. Dan menampilkan prosesi adat dan budaya Biak Numfor. (nas)

Exit mobile version