Nyepi 2023, Jokowi: Kebahagiaan dan Kedamaian Senantiasa Memayungi

Nyepi 2023, Jokowi: Kebahagiaan dan Kedamaian Senantiasa Memayungi - jokowi 1 - www.indopos.co.id

Presiden Joko Widodo. Foto: Dok Setkab

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat hari raya Nyepi 2023 bagi umat Hindu di seluruh wilayah Tanah Air yang merayakannya pada, Rabu (22/3/2023). Harapannya kebahagiaan dan kedamaian menyelimuti masyarakat.

“Dalam hening dan sepi, kita berserah diri. Semoga kebahagiaan dan kedamaian senantiasa memayungi,” kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagram resmi @jokowi, Rabu (22/3/2023).

Dalam unggahan tersebut, turut menampilkan yang mendeskripsikan suasana perayaan Nyepi dan tulisan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

Makna Hari Raya Nyepi ialah menumbuhkan nilai-nilai, seperti kemanusiaan, cinta, kesabaran, kebaikan, dan lain-lain, bahwa seharusnya terpatri dalam diri manusia.

Nyepi memiliki filosofi dimana umat Hindu memohon kepada Tuhan untuk melakukan penyucian Buana Alit (manusia) dan Buana Agung (alam dan seluruh isinya).

Pada saat Nyepi tidak boleh melakukan aktivitas seperti pada umumnya, seperti keluar rumah (kecuali sakit dan perlu berobat), menyalakan lampu, bekerja dan sebagainya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, perayaan Nyepi menjadi momentum untuk berkontemplasi dan introspeksi diri mengenai tata laku hidup, yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

“Hari suci ini mengisyaratkan untuk mulat sarira dan pengendalian diri. Ini menandakan bahwa kita diingatkan oleh penguasa semesta untuk selalu menjaga perilaku agar tetap terkendali sesuai ajaran agama masing-masing,” ucap Yaqut dalam keterangannya, diterima di Jakarta, Selasa (21/3/2023). (dan)

Exit mobile version