Bangga! Siswa SMK Indonesia Lolos Kompetisi WSC di Perancis 2024

Bangga! Siswa SMK Indonesia Lolos Kompetisi WSC di Perancis 2024 - Siswa Indonesia Lolos Kompetisi WSC - www.indopos.co.id

Siswa SMK Negeri 2 Kota Ternate, Firman Saleh. Foto: Kemdikbudristek untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Siswa SMK Negeri 2 Kota Ternate Firman Saleh lolos seleksi Word Skill Competition (WSC) di Perancis 2024. Saat ini siswa berusia 18 tahun tersebut tengah mengikuti kegiatan pemusatan pelatihan di PT Denso di Bekasi.

“Suatu kebanggaan mewakili Ternate di kompetisi internasional,” ungkap Firman Saleh kepada INDOPOS.CO.ID, Sabtu (29/4/2023).

Ia mengatakan, sudah mengikuti pelatihan sejak Januari lalu. Dan fokus pada pembuatan produk berbahan dasar aluminium dan besi

“Kita berlatih membuat produk sesuai desain dan harus sesuai dengan ukurannya,” katanya.

Ia mengaku, tingkat kesulitan pada pembuatan produk menggunakan mesin CnC miling pada presisi ukuran. Selain tahapan memasukkan ukuran produk, input hingga membuat produk.

“Tingkat kesulitan paling tinggi pada presisi ukuran. Sebab dibutuhkan ketepatan,” ungkapnya.

“Pada pelatihan misalnya pembuatan botol berbahan dasar aluminium dan besi,” imbuhnya.

Firman mengaku tertarik bidang CnC miling sejak dirinya membantu kakaknya di bengkel milik orangtuanya. “Kebetulan orangtua punya bengkel bubut, jadi mulai tertarik saat membantu kakak di bengkel,” ucapnya.

“Firman optimistis bisa memenangkan kompetisi WSC di Perancis nanti,” imbuhnya.

Diketahui Word Skill Competition merupakan kompetisi keterampilan tingkat dunia yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh berbagai negara di seluruh dunia. (nas)

Exit mobile version