Jokowi: ASEAN Punya Potensi Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Jokowi: ASEAN Punya Potensi Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi - jokowi 2 - www.indopos.co.id

Presiden Jokowi membuka KTT ASEAN. Foto: Setkab untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Dunia usaha harus berkolaborasi untuk mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan atau epicentrum of growth. Pernyataan tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin pertemuan Asean Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN-Business Advisory Council (BAC), di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

Ia mengajak semua negara Asean untuk bergandengan erat menyusun agenda bersama. Dan memastikan kawasan ASEAN menjadi epicentrum of growth. Kolaborasi, kerja sama, dan sinergi yang terjalin antara pemerintah dan dunia usaha, menurutnya, telah membawa ASEAN mampu menghadapi pandemi Covid-19.

Kolaborasi dan sinergi tersebut, lanjutnya, juga sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan yang masih sangat berat, risiko geopolitik yang masih besar, serta berjatuhannya lembaga keuangan di Amerika Serikat dan Eropa.

“Dalam situasi ini, kita harus semakin memperkuat kolaborasi untuk menjaga Asean sebagai epicentrum of growth,” katanya.

Ia meyakini, ASEAN memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. “Potensi ekonomi kawasan kita sangat besar, ekonomi yang tumbuh di atas rerata dunia, bonus demografi, kemudian middle class yang terus meningkat 65 persen di 2030,” bebernya. (nas)

Exit mobile version