Golkar Buka Peluang Koalisi Keempat dengan Partai Manapun

Pertemuan-Ketua-Umum-Partai

Kolase : Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum Partai dan Calon Presiden. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menegaskan partainya siap membangun kaolisi keempat dengan partai manapun demi mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres atau cawapres di 2024.

“Sebetulnya, baik secara teoritik maupun secara kalkulasi politik, semua kejadian atau semua kemungkinan pasti akan mungkin terjadi. Kalau kemudian mungkin ide koalisi besar bisa terwujud, bisa jadi dua. Nah bisa jadi dua, bisa jadi tiga, bisa juga jadi empat,” katanya saat ditemui di kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Jakarta, Minggu, (28/5/ 2023).

Doli menjelaskan perkembangan dinamika politik dan juga secara hitung-hitungan politik Partai Golkar mampu membangun koalisi baru meski hanya dengan dua partai.

“Secara hitung-hitungan threshold, Partai Golkar adalah pemenang kedua. Maka cukup (koalisi) dengan Gerindra. Cukup dengan Nasdem, Cukup dengan PKB. Cukup dengan PAN. Cukup dengan PKS, Cukup dengan Demokrat, bahkan pastinya cukup dengan PDIP,” jelasnya.

Dirinya pun tidak menampik, gagasan membentuk koalisi keempat mencuat setelah adanya pertemuan intensif Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Doli mengklaim Golkar dalam membangun perkoalisian bukan sekadar menilai yang terbaik bagi partai itu sendiri, melainkan juga terhadap mitra partai koalisi yang terikat kerjasama dengan mereka.

Maka dari itu, lanjut Doli, Airlangga Hartarto berupaya merajut berbagai kemungkinan-kemungkinan berkoalisi tersebut terjadi. “Ya nanti mana yang terbaik, terbaik bangsa negara dan juga terbaik juga dengan Golkar,” pungkas Doli yang juga menjabat sebagai ketua Komisi II DPR RI. (dil)

Exit mobile version