Pengiriman 123 PMI Ilegal ke Malaysia Digagalkan, 8 Tersangka Dibekuk

Satgas-TPPO

Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Foto: Dok Humas Polri

INDOPOS.CO.ID – Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) menggagalkan pengiriman ratusan calon ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) ke Malaysia.

Kasatgas TPPO Irjen Asep Edi Suheri mengatakan, ada 123 korban terdiri dari 74 laki-laki, 29 perempuan, dan 20 anak-anak. Mereka berasal dari berbagai daerah.

“Satgas TPPO Polri berhasil menyelamatkan 123 korban (74 laki-laki, 29 perempuan, dan 20 anak-anak) yang berasal dari Sulawesi Selatan, NTT, dan Jawa Timur,” katanya dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Dari pengungkapan yang dilakukan Satgas TPPO Polri bersama Polda Kaltara dan Polres Nunukan, telah ditetapkan sebanyak delapan orang tersangka. Para tersangka berasal dari sembilan kelompok jaringan TPPO.

“Satgas TPPO Polri bersama Polda Kaltara dan Polres Nunukan berhasil mengungkap sembilan kelompok jaringan TPPO, menerbitkan sembilan laporan polisi, dan menetapkan delapan orang tersangka,” bebernya.

Wakabareskrim Polri itu mengatakan, dalam melakukan aksinya, para tersangka menggunakan dua modus, yaitu mengirimkan pekerja migran melalui jalur resmi dan jalur tidak resmi (jalur tikus).

Selain mengamankan delapan tersangka, pihak kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti yang terdiri dari 32 unit ponsel, 3 kartu keluarga, 54 KTP, dan 45 Paspor.

Adapun para tersangka dikenakan pasal 4 Jo Pasal 10 UU Nomor 21 tahun 2007 tentang pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang Subsider Pasal 81 Jo Pasal 69 UU No 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dengan ancaman pidana 10 tahun penjara dan denda maksimal sebesar Rp 600 juta.

“Terkait pemulangan korban, kami sudah berkoordinasi dengan Badan Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) dan pihak BP3MI menyatakan siap untuk memfasilitasi pemulangan korban hingga tiba di daerah masing-masing,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version