Bak ICU Mini, RSCM Modif Ruang Perawatan Fajri Pasien Obesitas

rscm

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta menggelar jumpa pers soal kondisi Fajri (26) pasien obesitas asal Tangerang. Foto: Indopos.co.id/Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta menyiapkan ruangan khusus merawat Muhammad Fajri (26). Ruangan itu memiliki banyak peralatan medis untuk digunakan pasien itu.

Direktur Utama RSUPN RSCM Jakarta, dr Lies Dina Liastuti mengatakan, kondisi pasien saat ini masih memerlukan banyak pemeriksaan dan penanganan oleh tim dari multi disiplin ilmu kedokteran. Sebab, bobot tubuh yang bersangkutan 200 kilogram lebih.

“Kami tidak bisa merawat diruang rawat biasa, kami menyiapkan ruang rawat khusus satu ruangan hanya untuk yang bersangkutan,” kata Lies di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Bahkan alat-alat yang biasanya digunakan dalam di Intensive Care Unit (ICU) ditarik ke ruangan Fajri. Tim dokter spesialis dan perawat bersiaga memantau kondisi pasien tersebut.

“Jadi untuk pasien tersebut seluruh perawatan kita tarik ke ruangan tersebut, dengan memodifikasi ruangannya, kita membobok pintu dan sebagainya,” ujarnya.

Bak ruangan ICU mini, pasien obesitas asal Tangerang itu mendapat peanganan esktra. Sehingga membantu pengobatan dan pemulihan dari pasien sedang dirawat.

“Tidak ada hanya ventilator ada monitor kalau begitu terus kemudian ada segala macam peralatan infus dengan berbagai obatnya,” jelas Lies.

Fajri sempat mendapat perawatan intensif di RSUD Kota Tangerang mulai Rabu (7/6/2023), sementara kondisi kesehatan diklaim berangsur membaik. Dia kemudian mendapat rujukan ke RSCM pada, Jumat (9/6/2023) malam.

Selama dua hari perawatannya, RSUD Kota Tangerang telah membentuk tim penanganan yang terdiri dari 10 dokter spesialis mulai dari dokter radiologi, penyakit dalam, gizi, kulit, bedah otopedi dan lainnya. (dan)

Exit mobile version