Akademisi: Perkuat dan Perkokoh Nilai Kebangsaan

ut

Penandatanganan kerja sama Komandan Korps Brigade Mobile (Brimob) dan sosiasi Rektor Merah Putih. Foto: Nasuha/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, Universitas Terbuka (UT) Paken Pandiangan mengatakan, deklarasi kebangsaan adalah sebagai salah satu wujud menanamkan nilai-nilai mencintai tanah air melalui kesadaran bela negara.

“Akhir-akhir ini nilai kebangsaan perlu diperkuat dan diperkokoh,” ujar Paken, kepada INDOPOS.CO.ID, Rabu (16/8/2023).

Menurutnya, kampus menjadi garda terdepan dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Karena, civitas akademika dari dosen dan mahasiswa memiliki intelektual.

“Kami berterima kasih kepada korps brimob atas terselenggaranya kegiatan ini, kami berharap mahasiswa akan menularkan wawasan kebangsaan ke kampus masing-masing,” tutur Paken.

“Dengan kerja sama Brimob dan perguruan tinggi negeri (PTN), maka kegiatan-kegiatan di kampus akan menjadi aman,” tambahnya.

Paken menyatakan, untuk menanamkan wawasan kebangsaan tersebut kampus UT memiliki program studi (Prodi) Kewarganegaraan. Dan rencananya akan digagas mata kuliah bela negara.

“Harapan kami, mata kuliah ini bisa menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada mahasiswa,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Korps Brigade Mobile (Brimob) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Anang Revandoko mengatakan, kerja sama Brimob dan perguruan tinggi menjadi sejarah besar sepanjang masa. Karena, dalam kegiatan tersebut berkumpul para rektor.

“Ini menjadi sejarah, berkumpul tokoh hebat yakni para rektor. Kami yakin bangsa ini akan solid, apalagi elemen bangsa bergandengan tangan di sini,” ujarnya.

Sebelumnya, Delegasi UT mengikuti apel dan deklarasi kebangsaan di Lapangan Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok. Sedikitnya 500 mahasiswa yang terdiri dari 250 mahasiswa UT Jakarta dan 250 mahasiswa UT Bogor berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pada kegiatan tersebut dilakukan Penandatanganan MoU antara Dankorbrimob (Komandan Korps Brimob Komjen Pol Anang Revandoko) dengan Ketua Asosiasi Rektor Merah Putih yang dijabat Rektor UT Prof Ojat Darojat. Dan MoU antara Dankorbrimob dengan Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia. (nas)

Exit mobile version