Terpidana Putri Candrawathi Dieksekusi ke Lapas Pondok Bambu

Terpidana Putri Candrawathi Dieksekusi ke Lapas Pondok Bambu - Putri Candrawathi 1 - www.indopos.co.id

Terpidana Putri Candrawathi saat melakukan pengecekan kesehatan di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur. Foto: Dok. Kemenkumham

INDOPOS.CO.ID – Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Pas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Rika Aprianti, menyatakan bahwa kejaksaan telah melakukan pelaksanaan eksekusi terhadap Putri Candrawathi, istri dari Ferdy Sambo.

“Putri Candrawathi telah dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Jakarta di Pondok Bambu, Jakarta Timur. Langkah awal yang diambil adalah menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum masuk ke dalam lingkungan Lapas,” katanya dalam keterangan, Kamis (24/8/2023).

Dalam gambar yang diterima oleh INDOPOS.CO.ID pada hari Kamis, 24 Agustus 2023, Putri Candrawathi terlihat mengenakan pakaian berwarna hitam. Ia terlihat duduk sambil menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Proses penerimaan Putri dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2023 pukul 17.00 WIB. Putri mengikuti proses administrasi penerimaan dan verifikasi dokumen sesuai standar operasional yang berlaku. Setelah itu, Putri langsung ditempatkan dalam kamar masa pengenalan lingkungan di Lapas,” ujarnya.

Putri Candrawathi sebelumnya divonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam kasusnya.

Putusan tersebut kemudian dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun, hukumannya kemudian dikurangi menjadi 10 tahun penjara setelah proses kasasi.

Berikut ini adalah daftar hukuman para terdakwa dalam kasus pembunuhan Yosua setelah putusan Mahkamah Agung:

1. Ferdy Sambo dari hukuman mati diubah menjadi hukuman penjara seumur hidup
2. Putri Candrawathi dari 20 tahun penjara menjadi 10 tahun penjara
3. Ricky Rizal Wibobo dari 13 tahun penjara menjadi 8 tahun penjara
4. Kuat Ma’ruf dari 15 tahun penjara menjadi 10 tahun penjara. (fer)

Exit mobile version