Jalani Penyembuhan di Singapura, Luhut Ungkap Kondisi Kesehatannya

luhut

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Dok Humas Setkab/Agung

INDOPOS.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan tengah menjalani fase penyembuhan di Singapura, setelah sempat dikabarkan sakit karena kelelahan. Kondisinya kini terus berangsur membaik.

Ia menuturkan, awal mula mengalami drop akibat padatnya kegiatan kenegaraan. Tubuhnya merasakan sakit cukup serius yang tak pernah diderita sebelumnya.

“Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” kata Luhut dalam akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Istrinya, Devi Simatupang kemudian berinisiatif membawanya ke salah satu Rumah Sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. Ia akhirnya harus membatasi aktiviasnya.

“Dengan kondisi yang seperti itu, praktis selama beberapa hari saya tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa,” ucap Luhut.

Bahkan untuk sekedar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin dilakukan setiap pagi, ia tak diperbolehkan oleh istri. “Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa,” tuturnya menirukan suara istrinya.

Setelah mendapat tawaran dari sahabatnya Senior Minister Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Dr. Vivian Balakhrisnan, ia bertolak ke Singapura.

“Sore ini saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatan saya,” ujarnya.

Luhut sempat ditunjuk Presiden Joko Widodo memimpin KTT AIS 2023 di Bali. Penunjukan itu tertuang dalam pasal 7 Keputusan Presiden RI Nomor 20 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Forum Negara Pulau dan Kepulauan.

Adapun tugas panitia nasional KTT AIS yakni, menyusun dan menetapkan rencana induk, termasuk menentukan tema dan agenda rangkaian kegiatan pertemuan tersebut. (dan)

Exit mobile version