Kemenlu Susun Skenario Evakuasi 10 WNI di Jalur Gaza

Kemenlu Susun Skenario Evakuasi 10 WNI di Jalur Gaza - palestina diserang israel - www.indopos.co.id

Sejumlah bangunan dan kendaraan hancur akibat ekalasi konflik di Jalur Gaza memanas. (Instagram/@aljazeeraenglish)

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI tengah menyusun rencana evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Palestina, menyusul berkecamuknya konflik di wilayah tersebut. Evakuasi dilakukan bagi sejumlah WNI berada di jalur Gaza.

“Pemerintah Indonesia telah menyusun rencana kontigensi evakuasi WNI, dengan beberapa skenario situasi,” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Saat ini, Pemerintah melalui KBRI Amman, KBRI Beirut dan KBRI Kairo telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengevakuasi WNI.

“Evakuasi khususnya 10 orang WNI yang berada di Jalur Gaza,” ujar Iqbal.

Pemerintah terus berkomunikasi dengan sejumlah negara dan organisasi internasional dalam rangka mengupayakan penghentian kekerasan.

“Pada tanggal 9 Oktober lalu, Menlu RI juga membahas hal ini dengan Menlu Brazil, yang saat ini sedang menjadi Presiden Dewan Keamanan PBB,” tutur Iqbal.

Ia menambahkan, fokus Pemerintah Indonesia saat ini adalah situasi kemanusiaan, mendorong upaya menghentikan eskalasi kekerasan dan menghindari jatuhnya lebih banyak korban sipil.

Kawasan Timur Tengah memanas seiring, serangan mendadak kelompok Hamas Palestina ke Israel dekat perbatasan Gaza pada Sabtu (7/10/2023). Hal itu reaksi terhadap tindakan sewenang-wenang otoritas Israel terhadap warga Palestina. (dan)

Exit mobile version