Sering Delay, Lion Air: Kami Utamakan Keselamatan dan Keamanan Penumpang

pesawat-Lion-air

ilustrasi pesawat Lion air Foto: Lion Air untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Group menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang yang telah mengalami ketidaknyamanan pada Sabtu, (14/10/2023) kemarin. Sebab, terjadi keterlambatan keberangkatan nomor penerbangan JT-789 rute dari Bandar Udara Sentani, Jayapura, Papua (DJJ) menuju Bandar Udara Rendani, Manokwari, Papua Barat (MKW).

“Penerbangan Lion Air selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan standar operasional prosedur yang ketat,” ungkap Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro kepada INDOPOS.CO.ID, Senin (16/10/2023).

Menurut dia, pada hari tersebut, Lion Air penerbangan JT-789 menghadapi kondisi yang mengharuskan penundaan keberangkatan. Keputusan tersebut diambil setelah mendapatkan konfirmasi bahwa kecepatan angin di Bandar Udara Rendani, Manokwari, tidak memenuhi kualifikasi operasional penerbangan, yaitu mencapai 28 knot.

“Lion Air mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang, karena alasan tersebut, penerbangan JT-789 harus menunggu hingga kondisi di Manokwari dinyatakan aman untuk proses pendaratan dan lepas landas pesawat,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum proses keberangkatan, pesawat menjalani pemeriksaan mendalam (pre flight check) oleh teknisi. Selama pemeriksaan, ditemukan bahwa salah satu komponen pesawat memerlukan perbaikan dengan waktu ekstra.

“Tindakan ini dilakukan guna menjamin aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, karena “safety first” adalah prinsip yang selalu menjadi prioritas Lion Air,” ucapnya.

Keputusan memastikan kenyamanan penumpang, lanjut dia, Lion Air mengambil langkah yang tanggap dengan mengganti pesawat yang akan dioperasikan, yang didatangkan dari bandar udara lain, yaitu Manado atau Makassar. Dengan upaya ini, Lion Air berharap dapat memberikan pelayanan
terbaik kepada penumpang.

“Penerbangan JT-789 dari Jayapura ke Manokwari telah berangkat pada hari yang sama dengan menggunakan pesawat yang tiba tercepat di Jayapura, yakni pesawat yang berasal dari Makassar,” ujarnya.

“Lion Air mengucapkan terima kasih kepada seluruh penumpang yang telah memberikan masukan dan pemahaman terhadap layanan penerbangan JT-789. Kami selalu berkomitmen meningkatkan layanan dan senantiasa mengutamakan keselamatan penerbangan,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version