Kementerian ATR/BPN Strategis Tingkatkan Ekonomi, AHY Janji Beri Kepastian Hukum Investor

Hadi-AHY-3

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Hadi Tjahjanto memberikan keterangan pers menjelang sertijab di Kementerian ATR/BPN. (Indopos.co.id / Dhika Alam Noor)

INDOPOS.CO.ID – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meyakini, kementerian yang dipimpinnya mampu menjanjikan dari sektor peningkatan ekonomi. Dengan memberikan kepastian hukum bagi para investor yang ingin berinvestasi di Tanah Air.

Hal tersebut dilakukan, dengan mempermudah pengeluaran izin penggunaan lokasi atau KKPR (Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang). Sekaligus menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di tingkat pemerintah provinsi/kota.

“Paling utama, bagaimana kementerian yang strategis ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi keseluruhan. Dengan kepastian hukum tata ruang,” kata AHY di kantor Kementerian ATR/BPN di Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Ia tak mengemukakan skema lebih detail. Namun, sewaktu kepemimpinan Hadi Tjahjanto berupaya mengintergrasikan sekitar 2.000 RDTR yang sudah ada ke sistem OSS (Online Single Step) milik Kementerian Investasi/BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

“Tanah yang disiapkan untuk pembangunan akan memberikan keyakinan, keamanan, bagi para investor baik dalam maupun luar negeri. Sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi, meningkatkan penghasilan dan seterusnya,” ujar AHY.

Di sisi lain, ia mendapat pesan dari Hadi bahwa harus ada ketegasan dalam menganani persoalan agraria. Serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Termasuk tentu ini urusan keadilan, beliau menyampaikan kita harus tegas, kita harus menghadapi siapapun. Kita ingin ATR ini profesional, melayani dan terpercaya,” ucap AHY.

AHY mengapresiasj, kepemimpinan Hadi Tjahjanto yang telah menahkodai kementerian tersebut. Bila ada sesuatu perlu dikonsultasikan, tentu tak akan ragu untuk bertanya kepadanya.

“Insya Allah, saya akan belajar cepat mudah-mudahan tidak mengecawakan,” imbuh Ketum Partai Demokrat itu. (dan)

Exit mobile version