Teknologi Mesin Infus Pintar Optimalkan Kualitas Istirahat Pasien

mesin-infus-pintar

Teknologi mesin infus pintar Foto: MHG untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Teknologi peralatan kesehatan sangat berkontribusi besar terhadap percepatan proses kesembuhan pasien. Pernyataan tersebut diungkapkan President Director Mandaya Hospital Group (MHG) Benedictus Widaja di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Untuk mewujudkan hal itu, menurut dia, MHG memperkenalkan teknologi mesin infus pintar Terumo yang digunakan untuk pertama kalinya di dunia. “Smart Pump Monitoring System ini dapat mendeteksi jumlah cairan infus yang dialirkan kepada pasien, saat jumlahnya sudah akan habis, terdapat notifikasi yang berbunyi di komputer yang berada di nurse station,” terangnya.

“Keunikannya adalah bunyi notifikasi ini berada di meja kerja perawat, jadi bukan dikamar pasien. Sehingga pasien bisa istirahat dengan nyaman tanpa terganggu dan perawat akan datang tanpa dipanggil oleh pasien untuk mengganti cairan infus yang baru,” imbuhnya.

Hal ini tentunya, menurut Widaja, akan membuat kualitas istirahat pasien akan meningkat. Sehingga berdampak pula terhadap proses pemulihan yang lebih cepat.

Dikatakan dia, infus ini juga akan berbunyi saat ada gangguan aliran infus, misalnya saat saluran infus terhambat, terlipat atau terlepas. Perawat akan mendapatkan notifikasi dan akan segera datang untuk memperbaiki aliran infus tersebut.

“Pasien tidak perlu lagi khawatir infusnya akan habis atau alirannya bermasalah. Perawat kami akan siap sedia untuk mengganti atau memperbaikinya, bahkan saat pasien dalam keadaan tidur lelap sekalipun,” katanya.

“Hal ini memastikan pasien yang dirawat sangatlah aman dan tidak perlu mengkhawatirkan infusnya,” tambahnya.

Menurut dia, penerapan teknologi smart pump monitoring system ini juga mengurangi beban kerja dari para perawat. Perawat tidak perlu lagi mencatat secara manual jumlah infus masing-masing pasien. Sehingga sangat minim kesalahan pemberian maupun tertukar dan tidak perlu lagi mengecek secara manual ke masing-masing kamar pasien. (nas)

Exit mobile version