Ingin Terhindar dari Hoaks, Berikut Cara Mengenalinya

Ingin Terhindar dari Hoaks, Berikut Cara Mengenalinya - hoaks ip - www.indopos.co.id

Ilustrasi - Berita bohong atau hoaks. (Dok. Indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Dosen Universitas Negeri Makassar Dedy Aswan mengatakan, ada beberapa langkah untuk mencegah hoaks. Yakni dengan mencari faktanya terlebih dahulu, agar tidak terjadi miskomunikasi (hoaks) yang sangat berlebihan.

“Masyarakat harus bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos). Sebab aksesnya sangat cepat ke seluruh penjuru dunia,” kata Dedy, dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024).

Menurut pegiat literasi digital komunitas Tular Nalar ini, masyarakat juga tidak boleh menelan setiap informasi dengan mentah, apalagi belum bisa memastikan kebenarannya.

“Kita harus mencari tahu kebenaran informasi tersebut. Masyarakat harus cerdas digital,” ucap Dedy.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu, Usman. Ia mengingatkan, agar masyarakat lebih berhati-hati saat menggunakan gadget. Terlebih saat ini gadget menjadi kebutuhan sehari-hari.

“Usahakan untuk bisa bijak dalam bermedia sosial, sikapi dengan baik segala informasi yang ada. Apalagi rentannya misinformasi yang beredar,” tuturnya.

“Masyarakat juga harus sadar literasi digital, sehingga membawa dampak positif bagi kehidupan sehari-hari,” tambahnya. (nas)

Exit mobile version