Komnas HAM Angkat Bicara soal Viral Warga Sipil di Papua Jadi Korban Penyiksaan

Komnas HAM Angkat Bicara soal Viral Warga Sipil di Papua Jadi Korban Penyiksaan - Atnike - www.indopos.co.id

Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro. Foto: Dok Komnas HAM

INDOPOS.CO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menerima informasi terkait dugaan penyiksaan terhadap warga sipil di Papua yang viral di sejumlah media sosial. Peristiwa tersebut diduga terjadi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

“Komnas HAM menyesalkan terjadinya peristiwa tersebut, karena menambah rentetan korban kekerasan akibat konflik di Papua yang diduga merupakan penyiksaan oleh aparat,” kata Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

Ia menginginkan, kasus tersebut ditindak secara tuntas dan dapat aparat penegak hukum melakukan pemenuhan terhadap hak korban.

“Komnas HAM berharap, agar pemerintah dan aparat penegak hukum melakukan proses penegakan hukum yang transparan dan adil terhadap kasus tersebut,” ucap Atnike Nova.

Komnas HAM terus mendorong, agar pemerintah memperbaiki strategi pendekatan keamanan di Papua agar dapat meredam intensitas kekerasan dan untuk menghindari jatuhnya korban.

Namun, pihaknya juga menegaskan kembali bahwa penggunaan kekerasan dalam gerakan politik tidak dapat dibenarkan. “Komnas HAM meminta semua pihak agar menahan diri untuk mencegah eskalasi konflik di Papua,” ucap Atnike Nova.

Terkait kasus tersebut, pihaknya akan melakukan pemantauan untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap atas peristiwa itu sebagaimana kewenangan yang dimiliki lembaganya.

Aksi penyiksaan itu menjadi sorotan banyak pihak. Setelah ebuah video diunggah di akun media sosial X memperlihatkan tindakan keji oknum aparat kepada warga sipil di Papua.

Rekaman video amatir memperlihatkan, seseorang pria berada dalam drum berisi air. Dia kemudian dipukuli dan disayat menggunakan pisau oleh sekelompok orang diduga prajurit TNI. (dan)

Exit mobile version