Peran Penting Perguruan Tinggi Cetak SDM Siap Kerja

Peran Penting Perguruan Tinggi Cetak SDM Siap Kerja - mahasiswa wisuda kuliah - www.indopos.co.id

Ilustrasi para mahasiswa dan mahasiswi merayakan kelulusannya dengan cara melempar toga. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Perguruan tinggi menjadi salah satu lembaga, yang memiliki peran penting menciptakan sumber daya manusia berdaya saing di era digital. Sehingga menghasilkan mahasiswa yang siap terjun ke dunia kerja.

Seperti halnya Institut Teknologi PLN (ITPLN), menerapan sistem pembelajaran dengan skema bak formasi sepak bola yaitu, 4–4–2 atau 40 persen teori, 40 persen problem solving dan 20 persen kuliah industri.

“Sistem pembelajaran 4–4–2 adalah untuk menyiapkan, lulusan dalam memasuki dunia industri agar benar-benar siap kerja dan siap pakai,” kata Rektor ITPLN Prof Iwa Garniwa dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Kampusnya siap menghadapi masa mendatang, dengan optimisme dalam penerimaan mahasiswa baru dengan talenta terbaik yang ada di seluruh Indonesia.

“Kesempatan ikatan kerja bagi mahasiswa baru ITPLN adalah 250 mahasiswa baru, jenjang S1 angkatan tahun 2024 yang akan mendapatkan ikatan kerja dengan PLN group,” tutur Iwa.

Perguruan tinggi swasta dibawah kordinasi Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PLN itu, memiliki empat Fakultas, sekolah Pasca Sarjana dan sekolah Vokasi, serta 17 program studi jenjang S2, S1 dan D3.

Para calon mahasiswa jenjang S1 berkesempatan menjadi bagian dari 150 orang dengan hasil test masuk terbaik, yang akan mendapatkan ikatan kerja dengan PLN group sebelum kuliah. Sedangkan 100 orang lulusan terbaik, diserap sebagai tenaga kerja. (dan)

Exit mobile version