H-3 Lebaran, Polri Catat 213 Kecelakaan dan 5.978 Pelanggaran Lalin

Trunoyudo

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. Foto: Dok Mabes Polri

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Indonesia (Polri) mencatat, ada ratusan kecelakaan lalu lintas terjadi di sejumlah wilayah Indonesia selama musim mudik Lebaran 2024 atau H-3 Lebaran Idulfitri 1445 H. Serta menelan korban jiwa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, sebagian besar korban kecelakaan lalu lintas mengalami luka ringan. Namun, tak disebutkan rincian korban dan wilayahnya.

“Data kecelakaan lalu lintas pada hari Minggu, 7 April 2024 Sebanyak 213 kejadian dengan rincian, 23 orang Meninggal Dunia, 39 orang luka berat dan 267 orang Luka Ringan,” kata Trunoyudo dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (7/4/2024).

Sementara data penindakan pelanggar lalu lintas hari ini sebanyak 5.978 kejadian dengan rincian, sebanyak 4.620 berupa teguran dan sebanyak 1.358 tilang Etle.

Ia mengimbau, seluruh pemudik menggunakan kendaraan roda empat yang melintasi jalan tol tetap menjaga kondisi badan tetap fit. Termasuk mengecek kembali kelaikan kendaraan.

“Kami mengimbau, untuk beristirahat maksimal 30 menit di rest area,” ucap Trunoyudo.

Sekaligus mengingatkan masyarakat tidak istirahat menggunakan bahu jalan karena akan membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Serta menghambat perjalanan bagi calon pemudik lainnya.

“Maka, disiplin dan taati segala peraturan dqn ketertiban berlalu lintas, karena keselamatan adalah yang paling ytama aampai dengan tujuan,” ujarnya.

Polri dipastikan siap melayani, mengamankan kepada seluruh pemudik Lebaran 2024. Sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dapat terwujud dengan baik. (dan)

Exit mobile version