Bupati Tapanuli Utara Kunjungi Daerah Terisolir

Bupati Tapanuli Utara Kunjungi Daerah Terisolir - Bupati Tapanuli Utara IP - www.indopos.co.id

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan menandatangani prasasti jembatan penghubung Parmonangan Barat-Parmonangan Timur di Dusun Simarsalaon Desa Pertengahan yang diresmikan, Rabu (9/2/2022).

INDOPOS.CO.ID – Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan resmikan jembatan penghubung Parmonangan Barat-Parmonangan Timur di Dusun Simarsalaon Desa Pertengahan, Rabu (9/2/2022).

Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Indra Simaremare dalam kegiatan tersebut. Warga Dusun Simarsalaon antusias atas kedatangan Bupati Nikson Nababan yang menginap di desa terpencil tersebut.

“Jembatan yang saya resmikan ini merupakan jembatan penghubung Parmonangan Barat dan Parmonangan Timur untuk peningkatan sarana dan prasarana di desa terisolir yang berbatasan dengan Tapanuli Tengah,” ujar Nikson, seraya mengatakan peresmian dilakukan pada malam hari.

Dalam dalam acara malam keakaraban bersama warga, Nikson memberikan bantuan berupa Pengobatan Gratis, Vaksin untuk anak, Pemberian Buku Tulis dan Pembagian benih Ikan. Keesokan harinya setelah beristirahat di rumaha warga, Nikson  melihat jembatan yang diresmikan malam tadi diberi nama jembatan Nikson-Sarlandy (pasangan bupati dan wakil bupati) oleh warga. Jembatan penghubung desa terluar di Kecamatan Parmonangan itu dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 sebesar Rp475 juta.

Di sisi lain dengan dibangunnya jembatan itu, masyarakat bisa maningkatkan ekonomi, sosial dan budaya untuk kehidupan yang lebih baik. Masyarakat Parmonangan barat tidak harus ke Tapteng lagi untuk menjual hasil pertaniannya.

Selain jembatan, tahun ini pembangunan perkerasan jalan sepanjang 2 kilometer yang mencakup tiga desa yakni,  Desa Purba Dolok, Manalu Purba dan Batu Arimo sudah mulai dikerjakan.

Termasuk pembangunan jalan hotmix dari simpang hariara ke rappa sekitar 400 meter hingga ke jembatan simarsalaon untuk pendukung tembusnya jalan ke hajoran. Pembangunan yang dilakukan juga akan memperlebar jalan di Desa Manalu sebelum dihotmix tahun ini.

“Kita sudah berdiskusi dengan Kepala Desa Manalu agar masyarakat memberikan tanahnya lima meter sebelah kanan untuk perlebaran jalan. Bahkan akan diturunkan alat breaker untuk mengupas dinding yang berbatu. Kita berharap agar 50 tahun mendatang jalan tetap berguna,” jelas Nikson.

Tokoh masyarakat bersama Kepala Desa Pertengahan, Marto Manalu mengapresiasi dan berterimah kasih kepada bupati dengan dibangunnya jembatan itu.

“Jembatan sudah dibangun, berarti masyarakat Parmonangan Barat dan Parmonangan Timur sudah akan bersatu lagi, karena akses jalan sudah terbangun,” kata Marlon.

Dengan dibangunnya jembatan ini dapat mendukung eksebilitas serta membantu peningkatan perekonomian masyarakat secara umum. Hadir dalam acara peresmian jembatan itu, Sekda Indra Simaremare, Camat Parmonangan Lammiduk Sinaga, beberapa OPD terkait, beberapa Kades dan tokoh masyarakat. (ney)

Exit mobile version