Kurangi Beban TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang Canangkan RW Tanpa Sampah

tpu rawa kucing

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah ketika meresmikan pencanangan RW Tanpa Sampah di Komplek Lapas Kelas 1 , RW 04 Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Senin (21/2/2022). Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Dalam rangka mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mencanangkan program Rukun Warga (RW) Tanpa Sampah.

Program ini selanjutnya akan menuju Kelurahan Tanpa Sampah. Pencanangan program ini bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyebutkan dengan pencanangan RW Tanpa Sampah sehingga akan mengurangi beban dari TPA Rawa Kucing yang menjadi muara sampah dari rumah tangga maupun lingkungan di wilayah Kota Tangerang.

“Dengan pemilahan sampah yang dilakukan di sumber, khusunya dari rumah tangga akan mengurangi beban sampah di TPA Rawa Kucing. Karena saat ini sampah yang masuk di TPA Rawa Kucing mencapai 1.500 ton per hari,” ujar Arief dalam pencanangan RW Tanpa Sampah di Komplek Lapas Kelas 1 , RW 04 Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Senin (21/2/2022).

Arief menjabarkan Pemkot Tangerang juga tengah menyiapkan skema pengangkutan sampah dari rumah tangga agar tidak terjadi penumpukan di lingkungan.

“Sampah yang sudah terpilah akan dibawa secara terpisah, sedangkan residunya akan diangkut ke TPA dengan bentor,” jelasnya yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tihar Sopian.

Arief mengungkapkan dengan dilakukannya pemilahan sampah di sumber, masyarakat tidak lagi menjadi objek namun menjadi subjek dari program pengolahan sampah.

“Selain itu,lingkungan juga bisa jadi lebih bersih dan juga sehat,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut Wali Kota Arief juga memberikan bantuan berupa satu unit dropbox sampah Bahan Berbahaya Beracun (B3), 50 box sampah organik, karung anorganik serta plastik pengumpul sampah B3. (dam)

Exit mobile version