Tak Ada Kepastian Kapan Dilantik, Sejumlah Guru Lolos Tes Cakep Resah

guru

Ilustrasi Kepala Sekolah kosong. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Sejumlah guru atau tenaga Pendidik di Provinsi Banten yang lulus dalam tes Calon Kepala Sekolah (Cakep) dan telah mengikuti Pendidikan dan Lathan (Diklat) calon Kepala Sekolah sejak akhir tahun 2021 lalu, mempertanyakan status mereka, kapan mereka akan ditempatkan di sejumlah sekolah yang kini banyak dijabat oleh Plt (Pelaksana Tugas).

“Sekarang sudah bulan Maret lagi, namun belum ada tanda tanda kami akan ditempatkan di sekolah mana. Padahal, kami sudah memilki NRKS (Nomor Register Kepala Sekolah),” ungkap seorang guru SMA Negeri di Serang yang dinyatakan lolos dalam tes Cakep dan telah mengikuti Diklat Kepala sekolah yang diselenggarakan oleh Pemprov Banten baru baru ini di Sawangan, Depok, Jawa Barat kepada indopos.co.id, Senin (7/3/2022).

Dia mengungkapkan, banyak dari teman teman guru yang sudah lolos tes Cakep dan telah mengikuti Diklat Kepsek juga saling mempertanyakan bagaimana nasib mereka ke depannya setelah dinyatakan lolos tes Cakep.

”Ada juga kekuatiran dari teman teman lain, mereka tidak akan segera ditempatkan menjadi kepsek alias waitting list, mengingat jumlah yang lolos tes Cakep lebih banyak dari jumlah sekolah yang sekarang diisi oleh Plt Kepsek,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tabrani yang dikonfirmasi, terkait kapan guru yang lolos tes Cakep dan telah memiliki NRKS tersebut ditempatkan, tidak menjawab saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp meski pesan yang dikirimkan sudah dibaca.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Komarudin yang dikonfirmasi terkait kapan rencana pelantikan guru yang lolos tes Cakep untuk menjadi kepala sekolah defintif itu dilantik mengatakan, pihaknya sekarang masih menunggu instruksi dari Gubernur Wahidin Halim untuk menerbitkan SK (Surat Keputusan) para calon kepala sekolah yang los tes Cakep tersebut. “Masih menunggu instruksi dari pak Gubernur,” jelasnya singkat. (yas)

Exit mobile version