Nias Selatan Diguncang Gempa 6,7 Magnitudo, Warga Panik dan Tak Berpotensi Tsunami

BMKG

Peta guncangan gempa (shake map) berkekuatan (M)6,7 mengguncang Kabupaten Nias Selatan. Foto: BMKG

INDOPOS.CO.ID – Gempa bumi berkekuatan (M)6,7 dirasakan kuat warga di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatra Utara, Senin (14/3) sekitar pukul 04.09 waktu setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan menyebutkan, guncangan dirasakan kuat selama kurang lebih satu menit.

“Warga telihat sempat panik akibat aktivitas geologi tersebut,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Senin (14/3/2022).

Pusat gempa berada pada 161 kilometer tenggara Nias Selatan, Provinsi Sumatra Utara. Serta kedalaman 25 kilometer itu dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

“Selain di Kabupaten Nias Selatan, guncangan juga dirasakan sedang di beberapa wilayah lainnya seperti Kota Padang, Sumatra Barat,” tutur Abdul.

Pantuan BMKG mencatat kekuatan gempa yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) menunjukkan IV MMI di wilayah Nias Selatan, dan III MMI di Padang, Siberut, dan Gunung Sitoli.

BPBD Kabupaten Nias Selatan masih melakukan asesmen terkait dampak dari kejadian gempa. Proses asesmen sempat terhambat akibat sinyal komunikasi GSM terdekat dengan pusat gempa terkendala. (dan)

Exit mobile version