Gempa M 5.8 Gorontalo Terasa di Empat Provinsi, Warga Sempat Panik

gempa

Ilustrasi gempa bumi (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Guncangan gempabumi berkekuatan magnitudo 5.8 di wilayah Gorontalo pada Selasa (7/6/2022) malam, dirasakan di sembilan kota atau kabupaten yang tersebar di empat provinsi.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan, wilayah yang melaporkan adanya guncangan meliputi Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango di Provinsi Gorontalo.

“Durasi 1 sampai 3 detik, yang kemudian sempat menimbulkan kepanikan warga,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Wilayah berikutnya adalah Kabupaten Kepulauan Sula di Provinsi Maluku Utara dengan guncangan sedang dalam durasi 1 sampai 3 detik. “Warga setempat sempat panik, namun kondisi dapat berangsur-angsur kondusif,” tutur Abdul.

Selanjutnya Kabupaten Banggai di Sulawesi Tengah melaporkan guncangan dirasakan sedang selama 1 sampai 3 detik dan menimbulkan kepanikan warga.

“Hal yang sama juga dirasakan di Kabupaten Banggai Kepulauan, namun kondisi dapat kembali kondusif,” bebernya.

Wilayah erakhir adalah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan di Provinsi Sulawesi Utara.

Berdasarkan rangkuman dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per hari ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan maupun adanya korban jiwa. (dan)

Exit mobile version