Kadiv PAS Hadiri Pemusnahan Ratusan Gram Sabu oleh BNNP Banten

Dihadiri Kadiv PAS Kemenkumham Banten

lapas

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten memusnahkan 470.249 gram narkotika jenis sabu, pada Rabu (8/6/2022). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten memusnahkan 470.249 gram narkotika jenis sabu, pada Rabu (8/6/2022). Kepala BNNP Banten, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Hendri Marpaung menjelaskan kronologis penemuan barang bukti dan penangkapan tersangka pendistribusian Narkotika, telah diamankan sebanyak enam orang tersangka, yang dua diantaranya merupakan WBP pada lembaga pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas IIA Tangerang dan 1 orang WBP pada Lapas Kelas IIA Cibinong.

“Barang bukti didapatkan dari dua tempat, yakni pada saat penggagalan pendistribusian di daerah Cilandak, Jakarta Selatan sebanyak 88.404 gram Narkotika Jenis Sabu/Metamfetamin, dan di tempat tinggal tersangka sebanyak kurang lebih 400 gram Sabu. Sehingga, total berat seluruhnya yang telah digagalkan adalah sebanyak 470.249 gram dengan 1.881 kemungkinan demand/pengguna,” paparnya.

Dalam kegiatan itu, turut dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Masjuno yang mewakili Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten,

Sebelum dimusnahkan, telebih dahuluu dilakukan pemeriksaan sample dengan alat deteksi narkoba oleh Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) pada Kesehatan Lapangan (Keslap) Kepolisian Daerah (Polda) Banten untuk melihat apakah barang bukti tersebut benar Narkotika Jenis Shabu.

Hasilnya, didapati jika sampel menunjukkan reaksi reagen sehingga dapat disimpulkan bahwa benar barang bukti tersebut adalah Sabu dengan kualitas yang sangat baik.

Selanjutnya, barang bukti sabu dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam air panas yang mendidih dengan suhu 100 derajat celcius, kemudian disiramkan ke dalam lubang dan ditutup kembali dengan tanah.

Dalam kegiatan itu, turut dihadiri oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan (PAS), Masjuno yang mewakili Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten. (yas)

Exit mobile version