Singkawang Jajaki Friendship City dengan Sibu, Malaysia

singkawang

Suasana Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Foto : Youtube/Indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan pertemuan dengan Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia (RI) wilayah Kuching, Sarawak, Malaysia untuk membahas kerja sama Friendship City atau kota persahabatan antara Kota Sibu, Malaysia dan Singkawang.

Konjen RI wilayah Kuching, Sarawak, Malaysia Raden Sigit Witjaksono mengatakan, tujuan kedatangannya untuk menyampaikan undangan dari Pemkot Sibu, yang merupakan tindak lanjut upaya untuk menjadikan ‘Friendship City’ antara Sibu dan Singkawang. ”Kota Sibu merupakan kota terbesar ketiga di Sarawak, Malaysia,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (27/6/2022).

Sigit berharap kerja sama dari kedua belah pihak mendatangkan manfaat bagi masyarakat, khususnya di sektor ekonomi, budaya dan lainnya. “Mudah-mudahan potensi Kota Sibu sejalan dengan potensi Kota Singkawang, sehingga bisa berlanjut pada kerjasama yang nantinya memberikan manfaat pada sektor ekonomi, budaya dan lain-lainnya. Tentunya, bermanfaat bagi masyarakat di kedua kota ini,” ujarnya.

Sigit juga menyampaikan perbatasan Indonesia-Malaysia yang terletak di Entikong dan Aruk sudah dibuka kembali pada April 2022. Semasa Pandemi Covid-19, aktivitas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk hanya diperuntukkan bagi para TKI yang pulang ke Indonesia.

Sigit berharap dengan kembali dibukanya PLBN Aruk ini dapat segera dilalui oleh transportasi umum Antar Lintas Batas Negara (ALBN) yang memuat banyak penumpang untuk melintasi kedua negara ini.

Sebelum pandemi, lanjut dia, Bus Damri sering melintasi daerah perbatasan dan mudah-mudahan bisa diaktifkan kembali. ”Selain transportasi umum, ke depannya juga diharapkan bisa kembali dipergunakan untuk wisatawan dan juga barang. Mudah-mudahan bisa diwujudkan dalam waktu dekat mendatang,” tandasnya.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyambut baik kedatangan rombongan Konsulat Jenderal (Konjen) RI wilayah Kuching, Sarawak, Malaysia di Kota Singkawang. Dia berharap terbentuknya ‘Friendship City’ antara Kota Sibu dan Kota Singkawang membawa manfaat di sektor perdagangan dan pariwisata.

“Tentu ini adalah harapan kita bagaimana otonomi daerah Kota Singkawang bisa ditingkatkan melalui upaya perekonomian. Selain itu juga kunjungan-kunjungan yang mempererat hubungan persaudaraan antara kedua belah pihak,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Tjhai Chui Mie juga mengundang kehadiran Konjen RI bersama Pemkot Sibu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkot Singkawang yang jatuh pada Oktober mendatang.

“Mudah-mudahan pada Oktober nanti, Konjen RI bersama Pemkot Sibu dapat berkunjung kembali dalam rangka memperingati HUT Pemkot Singkawang. Ke depannya kita siap berangkat dalam rangka berkunjung dan membawa makanan khas dari Kota Singkawang,” pungkasnya. (aro)

Exit mobile version