Semangat HDKD, Ditjenpas dan Kanwil Banten Gelar Baksos di Daerah Terpencil

kumham

Ditjenpas dan Kanwil KumHAM Banten menyelenggarakan Baksos di daerah terpencil di Kabupaten Serang dalam peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke 77. Foto : Humas KumHAM Banten

INDOPOS.CO.ID – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten mengadakan Bakti Sosial (Baksos) di Desa/Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Minggu(24/7/2022).

Baksos diselenggarakan dalan rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika ke-77 Kemenkumham Tahun 2022 dan dikemas dalam Touring Kumham Peduli Daerah Terpencil. Touring diikuti oleh 170 orang terdiri dari Persatuan Trail Adventure Pengayoman (PTAP) Pusat dan PTAP Wilayah Banten.

“Giat baksos ini diselenggarakan sebagai bentuk kehadiran serta kepedulian Ditjenpas dan Kanwil Kemenkumham Banten kepada masyarakat sekitar,” ujar Heni Yuwono.

Pada kesempatan tersebut, Sesditjenpas menyambangi penerima baksos langsung ke kediaman masing-masing. Sesditjenpas melakukan perbincangan singkat serta mendengar langsung pendapat serta keluhan mereka.

Menyerap kebutuhan masyarakat penerima manfaat baksos, giat yang dilakukan adalah pemberian donasi, pemberian kebutuhan sarana air bersih, pembangunan sarana ibadah, pemberian alat-alat kesehatan.

Selain melibatkan Kanwil Kemenkumham Banten, baksos juga melibatkan Forkopimda serta pihak terkait. Hal ini menjadi bukti bahwa Kemenkumham bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam melaksanakan program-program kerjanya.

Selain itu, giat baksos ini juga melibatkan 2500 pegawai Kemenkumham, dilaksanakan terpusat bersama Kanwil Kemenkumham Banten.

Sebelumnya, baksos diawali dengan peresmian Mushola di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang.

Pada peresmian Mushola Al-Ikhlas di Lapas Pemuda Tangerang, Sesditjenpas Heni Yuwono mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi pembangunan Mushola tersebut.

“Saya mengapresiasi terlaksananya pembangunan Mushola Al-Ikhlas yang merupakan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta sebagai pusat kegiayan umat Islam,” tambah Heni.

Diharapkan keberadaan Mushola ini dapat menyebarkan nilai-nilai persatuan, kesatuan, persaudaraan dan kerukunan umat, pusat kebudayaan serta pengetahuan kajian ilmu Islam.

“Bukan hanya mendirikan saja, namun tanggungjawab kita bersama untuk memakmurkan Mushola Al-Ikhlas,” sambungnya. (yas)

Exit mobile version