Gempa M6,0 Tapanuli Telan Korban Jiwa, Waspadai Gempa Susulan

Korban-Gempa-Tapanuli-Utara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Utara mengevakuasi korban gempa. Foto: Dok BPBD

INDOPOS.CO.ID – Gempa bumi dengan magnitudo 6,0 yang mengguncang wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (1/10/2022) sekira pukul 02.28 WIB menelan korban jiwa.

Laporan visual sementara yang diterima Pusat Pengandali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), beberapa warga yang mengalami luka di bagian kepala dan sudah mendapatkan perawatan intensif.

“Seorang warga meninggal dunia dalam kejadian gempa bumi,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu (1/10/2022).

Adapun kerusakan maupun keseluruhan korban luka dan lainnya masih dalam proses pendataan lebih lanjut oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama lintas instansi terkait.

Gempabumi M 6.0 Tapanuli Utara menurut rangkuman data per pukul 06.00 WIB telah diikuti gempa susulan di atas M 5.0 hingga dua kali. Adapun yang pertama gempabumi berkekuatan M 5.1 pada pukul 02.50 WIB pada kedalaman 10 kilometer dan berada di posisi 2.05 LU – 98.99 BT.

Kemudian gempabumi susulan berikutnya terjadi selang 47 menit kemudian atau pukul 03.37 WIB. Gempabumi tersebut berkekuatan M 5.0 pada kedalaman 10 kilometer dan berpusat di 2.03 LU – 98.97 BT. Pusat gempabumi itu berada pada posisi 2.13 LU – 98.89 BT di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Sebagai bentuk antisipasi masyarakat terhadap potensi dan ancaman bencana yang dapat ditimbulkan oleh gempabumi, BNPB meminta masyarakat tidak perlu panik, namun tetap meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi gempa bumi susulan.(dan)

Exit mobile version