Pangdam Brawijaya Minta Maaf atas Sikap Oknum Prajuritnya pada Tragedi Kanjuruhan

Nurchahyanto

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya Mayor Jenderal (Mayjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Nurchahyanto, ketika diwawancarai media, usai acara HUT ke-77 TNI, di Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, Rabu (5/10/2022). Foto: Humas Polda Jatim

INDOPOS.CO.ID – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya Mayor Jenderal (Mayjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Nurchahyanto meminta maaf atas prilaku oknum prajuritnya yang overacting, sehingga membuat suporter Aremania ada yang tersakiti.

Hal ini disampaikan Pangdam V Brawijaya usai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI, di Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, Rabu (5/10/2022) .

Upacara tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur (Jatim) di antaranya Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada), Ketua DPRD, Kejaksaan Tinngi, serta seluruh instansi terkait.

Nurchahyanto mengatakan peringatan HUT TNI kali ini dilakukan secara sederhana hanya parade, kemudian syukuran, mengingat situasi dan suasana yang tidak memungkinkan. Beberapa kegiatan panggung prajurit dibatalkan.

Ia menyampaikan permohonan maaf atas prilaku oknum prajuritnya yang berlebihan dan membuat Aremania ada yang tersakiti.

“Pada kesempatan ini saya selaku Pangdam V Brawijaya, ingin menyampaikan permohonan maaf saya, atas apa yang terjadi di Kanjurahan. Di mana ada oknum prajurit kami yang bertindak di luar atau overacting sehingga menyebabkan ada beberapa suporter Aremania yang mungkin tersakiti,” ujarnya.

“Prajurit yang terlibat sudah atau sedang diproses sesuai hukum yang berlaku. Manakala terbukti bersalah pasti akan dihukum. Di satu sisi memang ada prajurit kami yang melakukan pelanggaran. Tapi di sisi lain para media juga melihat sendiri banyak sekali prajurit kami yang bahu membahu dengan Aremania, dengan petugas kepolisian memberikan pertolongan pertama kepada para korban, sangat luar biasa itu. Saya apresiasi mereka, saya apresiasi kepedulian mereka terhadap para korban ini,” tutupnya.(dam)

Exit mobile version