Tak Ada Kepastian Kapan Dilantik, Sejumlah Calon Kepsek di Banten Resah

sekolah

Ilustrasi calon kepala sekolah.

INDOPOS.CO.ID – Sejumlah guru atau tenaga Pendidik di Provinsi Banten mempertanyakan statusnya kapan akan ditempatkan di sejumlah sekolah yang kini banyak dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt) yang juga merangkap kepala sekola definitif. Mereka lulus dalam tes Calon Kepala Sekolah (Cakep) dan telah mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) calon Kepala Sekolah (Kepsek) sejak akhir tahun 2021 lalu.

“Sekarang sudah ahkir Oktober namun belum ada tanda-tanda akan ditempatkan di sekolah mana. Padahal kami sudah memilki NRKS (Nomor Register Kepala Sekolah),” ungkap seorang guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Tangerang yang enggan disebut namanya kepada INDOPOS.CO.ID, Selasa (25/10/2022).

Dia mengungkapkan, banyak dari teman teman guru yang sudah lolos tes Cakep dan telah mengikuti Diklat Kepsek juga saling mempertanyakan bagaimana nasib mereka ke depannya setelah dinyatakan lolos tes Cakep.

”Ada juga kekuatiran dari teman teman lain, mereka tidak akan segera ditempatkan menjadi kepsek alias waitting list, mengingat jumlah yang lolos tes Cakep lebih banyak dari jumlah sekolah yang sekarang diisi oleh Plt Kepsek,” tuturya.

Dia mempertanyakan komitmen Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dalam menjalankan reformasi birokrasi mengingat digantungnya nasib calon Kepsek yang sudah lulus tes.

”Bagaimana melaksanakan reformasi birokasi, jika urusan penempatan kepala sekolah sekolah yang sederhana saja tidak ada kejelasan,” ujar seorang guru.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Nana Supiatna yang dikonfirmasi terkait kapan rencana pelantikan guru yang lolos tes Cakep untuk menjadi kepala sekolah defintif itu dilantik hingga kini belum berhasil dihubungi.

Saat dihubungi melalui sambunagan telepon sedang tidak aktif, demikian juga saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp juga tidak berbalas.

Namun,salah seorang pejabat eselon II menjelaskan, dokumen calon Kepsek yang akan dilantik sudah berada di meja Pj Gubernur. Dan hanya tinggal kesiapan dari Pj Gubernur kapan akan dilakukan pelantikan atau pengesahan para calon Kepsek tersebut.

”Sudah ada di meja pak Pj Gubernur, dan hanya menunggu kesipaan dari pak Pj Gubernur kapan beliau bersedia melantik atau mengesahkan,” ungkap seorang pejabat eselon II yang enggan ditulis namanya. (yas)

Exit mobile version