6 Kecamatan di Pati Masih Banjir, 4.521 Orang Terdampak

pati

Banjir rendam Kabupaten Pati, Jawa Tengah baru-baru ini. Foto: Dok BNPB for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Lima kecamatan di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, yang terdampak banjir telah surut pada Senin (2/1/2023). Banjir melanda sejumlah kecamatan sejak Sabtu (31/12/2022) pukul 03.00 WIB.

Bencana banjir itu terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Pati selama satu minggu terakhir, sehingga debit air Sungai Silugonggo yang berada di wilayah Kecamatan Juwana meluap.

“Kelima kecamatan yang genangannya telah surut berada di Kecamatan Tambakromo, Kayen, Tayu, Margoyoso dan Batangan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Senin (2/1/2023).

Sedangkan enam kecamatan lain masih terpantau adanya genangan, yaitu di Kecamatan Gabus, Juwana, Sukolilo, Pati, Margorejo dan Dukuhseti.

Dari sejumlah kecamatan terdampak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati melaporkan 17 jiwa di Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, mengungsi di rumah kerabat yang berada di desa lain.

Di samping itu, di Desa Sejomulyo, Kecamatan pati, terdapat satu warga mengungsi. Sedangkan di wilayah Desa Mustokoharjo, Kecamatan Pati, sebanyak dua warga juga mengungsi sementara di rumah kerabat terdekat.

“Pada wilayah Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan, sejumlah warga sebanyak 15 jiwa (lima KK) mengungsi sementara waktu di rumah kerabat,” ujar Abdul.

Masih di kecamatan ini, sejumlah warga Desa Karangrowo masih mengungsi. Petugas di lokasi terdampak masih memastikan jumlah warga yang melakukan pengungsian.

“Data yang berhasil dihimpun Pusat Pengendalian Operasi BNPB, sebanyak 4.521 jiwa (1.094 KK) terdampak yang tersebar pada 11 kecamatan di Kabupaten Pati sejak Sabtu lalu (31/12/2022),” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version