Pemprov Banten Raih Penghargaan dalam Bidang Persaingan Usaha Tingkat Daerah

Pemprov Banten Raih Penghargaan dalam Bidang Persaingan Usaha Tingkat Daerah - banten 2 - www.indopos.co.id

Pemerintah Provinsi Banten meraih penghargaan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2023 Kategori Pratama dalam bidang persaingan usaha tingkat daerah. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Satu persatu penghargaan bergengsi berhasil diraih oleh Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Banten di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur Al Muktabar. Mulai keberhasilan mengendalikan inflasi, penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting yang turun hinga 4,5 persen selama 9 bulan terakhir.

Kali ini, penghargaan datang dari Wakil Presiden dalam bidang persaingan usaha tingkat daerah. Pemprov Banten berhasil meraih penghargaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2023 Kategori Pratama.

KPPU Award tersebut diberikan untuk mengapresiasi komitmen dan inisiatif Pemprov Banten dalam pelaksanaan prinsip persaingan dan kemitraan dalam kebijakan yang diambilnya selama ini.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Muktabar mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden dan KPPU atas penilaian objektif yang dilakukan. Banten menjadi salah satu dari provinsi yang dianggap optimal dalam mengelola pengawasan terhadap sektor usaha yang ada.

“Penghargaan ini merupakan suatu hasil kerja sama atas kinerja semua pihak yang terus mengupayakan peningkatan pelayanan kepada para pengusaha atau investor baik yang sudah ada maupun yang akan masuk ke Provinsi Banten,” katanya.

Menurut Muktabar, sektor usaha ini merupakan satu hal mendasar dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Maka dari itu, prinsip dalam merawat sektor ini adalah dengan mengedepankan hal-hal yang bisa mendapatkan asas kemanfaatan dari itu.

“Kita juga terus memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh para pengusaha atau investor, sehingga mereka menjadi nyaman melakukan investasi di Provinsi Banten,” ucapnya.

Muktabat mengungkapkan, banyak hal yang menjadi pertimbangan KPPU dalam memberikan penghargaan, salah satunya yakni capaian investasi Banten sampai dengan Triwulan Ketiga tahun 2022 lalu melampaui target dari yang ditentukan.

“Kemudian juga, dalam rangka mendukung kebijakan Bapak Presiden, Pemprov Banten sudah menyiapkan segala infrastruktur guna menunjang para investor yang akan berinvestasi,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Presiden Maruf Amin dalam arahannya mengatakan, dari tahun ke tahun indek persaingan usaha Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal itu tentu menjadi sebuah kabar baik bahwasannya investasi di Indonesia juga terus mengalami perkembangan.

“Pada tahun 2018 indeks persaingan usaha kita mencapai 4,6 persen dan tahun 2021 sudah 4,8 persen. Tahun 2024 nanti target nasional kita sampai 5 persen. Saya yakin itu bisa tercapai. Apalagi secara regulasi aturannya sudah jelas dengan adanya UU Cipta Kerja dalam rangka mendorong investasi,” jelasnya. (yas)

Exit mobile version