2 Nama Ini Layak Diusulkan Jadi Pj Gubernur Banten

2 Nama Ini Layak Diusulkan Jadi Pj Gubernur Banten - pj gubernur ilustrasi - www.indopos.co.id

Ilustrasi Penjabat Gubernur (net)

INDOPOS.CO.ID – Pengamat politik dari Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul mengatakan, Deputi IV Kepala Stad Kepresidenan (KSP) Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro dan Wakil Sekretaris Kabinet, Fadlansyah Tidar Lubis, layak untuk diusulkan menjadi calon Penjabat (Pj) Gubernur Banten menggantikan Al Muktabar yang akan habis masa jabatan pada 12 Mei 2023 mendatang.

Menurut Adib, kedua sosok tersebut memiliki rekam jejak yang baik dan mumpuni di bidangnya serta berlatar belakang akademisi dan aktivis, dan juga memiliki hubungan yang baik dengan para elite politik dan pusat kekuasaan,” ujarnya, dalam keterangannya, Jumat (31/3/2023).

Hal tersebut, lanjutnya, ini bisa menjadi pertimbangan oleh DPRD Banten untuk mengusulkan nama tersebut ke Mendagri.

“Untuk sosok Juri Ardiantoro yang kini berada di KSP, jika beliau menjadi Pj Gubernur Banten akan dapat menyinergikan dan memudahkan hubungan antara pemerintahan daerah dengan pemerintahana pusat akan lebih matcing lagi,” terang Adib.

Adanya kedekatan personal antara Juri Ardiantoro dengan para elite politik dan pengambil kebijkaan di pemerinthaan pusat akan memudahkan dirinya sebagai Pj Gubernur untuk melakukan eksekusi kebijakan.

”Figur Juri Ardiantoro yang berasal dari aktivis, memiliki kemampuan untuk merangkul semua golongan dan lebih peka terhadap persoalan yang selama dihadapai oleh Banten, termasuk dalam hal reformasi birokrasi ,” kata Adib.

Sementara figur Fadlansyah Lubis punya pengalaman matang di pemerintahan dan sukses menjadi Komisaris di beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bahkan sebelum menjabat sebagai Wakil Sekretaris kabinet, Fadlansyah Lubis juga pernah mengemban jabatan sebagai Deputi Seskab Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada 2015—2021 dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Internasional pada 2014–2015.

“Fadlansyah Lubis saya pikir juga bisa menjadi calon alternatif Pj Gubernur Banten, dan bisa menjadi pertimbangan oleh presiden, karena dia juga sangat dekat dengan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam),” kata Adib.

Dia mengatakan, yang dibutuhkan saat ini sebagai Pj Gubernur adalah sosok yang mampu menjaga stabilitas politik agar kondusifitas Banten terkendali menjelang tahun politik.

”Untuk bisa menjaga itu semua, maka Pj Gubernur itu adalah sosok yang bisa merangkul semuanya, dan juga memiliki kompetensi dalam membangun tim work, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banten,” tutur Adib. (yas)

Exit mobile version