Mantan Gubernur WH Optimistis Muktabar Kembali Jadi Pj Gubernur Banten

Mantan Gubernur WH Optimistis Muktabar Kembali Jadi Pj Gubernur Banten - mutabar WH - www.indopos.co.id

Al Muktabar (kiri) dan mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim.

INDOPOS.CO.ID – DPRD Provinsi Banten telah menetapkan tiga nama calon Penjabat Gubernur Banten yang akan diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Yaitu, Al Muktabar yang sekarang menjadi Pj Gubernur Banten, Agus Sudrajat pejabat eselon 1 di Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Sugeng Hariyono, kepala BPSDM Kemendagri.

Penetapan tiga nama pejabat eselon 1 oleh DPRD Banten itu mendapat tanggapan dari mantan Gubernur Banten periode 2017-2022 Wahidin Halim.

“Saya mengucapkan selamat, pasti Al Muktabar lagi yang jadi Pj Gubernur Banten. Mudah mudahan kedepannya Al mau intropeksi dan mawas diri,” saran WH panggilan akrab Wahidin Halim kepada indopos.co.id, Rabu (5/4/2023).

WH sangat menyayangkan usulan nama dari para tokoh masyarakat dan pendiri Banten tidak diakomodir oleh fraksi di DPRD Banten, sehingga hal ini dikhawatirkan menimbulkan kekecewaan tersendiri bagi para tokoh dan pendiri Provinsi Banten, sehingga tidak berlebihan muncul tudingan rapat pimpinan dewan dalam menetapkan nama nama calon Pj Gubernur yang diusulkan kepada Mendagri hanya akal akalan.

“Al Muktabar yang jadi. Rapat pimpinan dewan itu cuma akal akalan dan calon lain kan hanya sebagai pendamping sekadar memenuhi syarat administratif,” tuding mantan Wali Kota Tangerang dua perode ini.

Diketahui, Pj Gubernur Banten Al Muktabar kembali diusulkan oleh DPRD Provinsi Banten untuk menjabat kembali sebgai Pj Gubernur Banten periode kedua.

Berdasarkan hasil rapat pimpinan DPRD Provinsi Banten behasil menjaring tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Banten untuk diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui rapat pimpinan dewan,Rabu (5/4/2023).

Uniknya, dua nama yang ikut diusulkan kepada Mendagri adalah atasan dan bawahan di Kemendari.Yaitu Al Muktabar yang merupakan calon incumbent yang juga masih menjabat sebagai Sekda definitif Banten dan Widyaiswara Utama di BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Sugeng Hariyono, kepala BPSDM Kemendagri, dan satu nama lainnya adalah Agus Sudrajat, pejabat eselon 1 di Lembaga Administrasi Negara (LAN).

“Dari nama nama yang diusulkan oleh 9 Fraksi yang ada di DPRD Banten mengerucut ke tiga nama.Yaitu, pak Al Muktabar, pak Sugeng Hariyono dan pak Agus Sudrajat,” terang ketua DPRD Banten Andra Soni,Rabu (5/4/2023).

Andra Soni menjelaskan, ketiga nama tersebut besok akan dikirimkan kepada Mendagri untuk diserahkan kepada presiden dalam memilih salah satu dari 3 nama berdasarkan usulan dewan yang merupakan refresentasi suara masyarakat Banten.

“Besok kami akan serahkan 3 nama ini kepada Mendagri untuk dipilih oleh presiden satu diantara 3 nama tersebut,” jelasnya.

Sementara nama nama yang diusulkan oleh tokoh pendiri Banten dan tokoh masyarakat ke dewan,seperti Fadlansyah Lubis, Wakil Sekretaris Kabinet (Wasekab) dan Juri Andriantoro, Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) justru tidak diusulkan oleh dewan kepada Mendagri. (yas)

Exit mobile version