Brantas Abipraya Genjot Pembangunan Infrastruktur IKN

Proyek-Bendungan-IKN

Proyek Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Sepaku Paket 1.

INDOPOS.CO.ID – PT Brantas Abipraya (Persero) menunjukkan keseriusannya dalam berpartisipasi di pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satunya dengan memperkuat infrastruktur air bersih di IKN, melalui proyek Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Sepaku Paket 1.

Tak hanya itu, BUMN konstruksi ini juga sedang menggenjot penyelesaian proyek Embung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan proyek Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap 1.

Memastikan pengerjaannya tuntas tepat waktu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono berkunjung ke Bendungan Sepaku Semoi dan beberapa proyek Abipraya lainnya di IKN dengan didampingi Direktur Utama Brantas Abipraya, Sugeng Rochadi.

“Bendungan Sepaku Semoi saat ini progresnya sudah 88% dan rencananya akan dilakukan pengisian air pertama (impounding) Juni ini. Insan Abipraya terus bekerja dengan semangat dan cerdas untuk memberikan karya infrastruktur yang berkualitas unggul, estetika serta ramah lingkungan,” ujar Sugeng Rochadi.

Ditambahkan Sugeng, bendungan bertipe urugan tanah homogen dengan kapasitas tampung 10,6 juta m3 dan luas genangan 280 hektare ini nantinya akan diproyeksikan sebagai infrastruktur penyediaan kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di Kawasan IKN Nusantara. Bendungan Sepaku Semoi dapat menyuplai kebutuhan air baku sebesar 2.500 liter/detik, sebanyak 2.000 liter/detik untuk IKN Nusantara dan sisanya 500 liter/detik untuk Balikpapan.

Selain Bendungan Sepaku Semoi, BUMN yang bergerak di bidang konstruksi ini juga sedang mengejar penyelesaian pembangunan proyek Penataan Sumbu Kebangsaan, yang merupakan serial ruang terbuka dan ditargetkan rampung pada Desember 2023 ini.

“Pekerjaan infrastruktur yang sedang dikerjakan Brantas Abipraya di IKN ini merupakan kontribusi dan peran aktif kami dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur yang unggul untuk masyarakat di IKN. Brantas Abipraya akan terus fokus dan berkontribusi penuh, bekerja lebih keras lagi untuk infrastruktur nasional. Kami akan berkomitmen mendukung pemerintah dalam rangka membangun IKN atau ibukota baru di Kalimantan Timur,” pungkas Sugeng. (adv)

Exit mobile version