Percepat Pembangunan, Maluku Tenggara Gelar Workshop

Percepat Pembangunan, Maluku Tenggara Gelar Workshop - malteng - www.indopos.co.id

Kabupaten Maluku Tenggara di Provinsi Maluku, dalam upaya mempercepat pembangunan daerah, melaksanakan Workshop Percepatan Pembangunan Daerah di Ballroom Hotel Pullman, Jakarta, Senin (17/4). Foto: Humas Pemkab Maluku Tenggara

INDOPOS.CO.ID – Kabupaten Maluku Tenggara di Provinsi Maluku, dalam upaya mempercepat pembangunan daerah, melaksanakan Workshop Percepatan Pembangunan Daerah pada hari Senin, 17 April 2023, bertempat di Ballroom Hotel Pullman, Jakarta. Workshop dilaksanakan selama 1 (satu) hari, dimulai pada Pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.30 WIB.

Wokshop Percepatan Pembangunan dilaksanakan bekerjasama dengan Direktorat Regional III Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia. Workshop ini bertujuan untuk mendorong masuknya paket kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBN di Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2024.

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara yang dipimpin oleh Bapak Muhamad Thaher Hanubun selaku Bupati, hadir bersama sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

Unsur Pemerintah Pusat yang diundang sebagai narasumber dan/atau penaggap pada Workshop pembangunan ini antara lain: Dari Lingkup Bappenas Republik Indonesia yaitu: Direktorat Transportasi, Direktorat Sumber Daya Air, Direktorat Perumahan dan Kawasan Permukiman, Direktorat Ketenagalistrikan, Telekomunikasi dan Informatika, Direktorat Perencanaan & Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional, Direktorat Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan, Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat, Direktorat Kelautan dan Perikanan, Direktorat Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Pangan dan Pertanian, Direktorat Lingkungan Hidup, Direktorat Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi, Direktorat Alokasi Pendanaan Pembangunan, Direktorat Regional III, dan Direktorat TRPPB.

Unsur Kementerian dan Lembaga (K/L) antara lain, kepala biro perencanaan K/L dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Bupati Maluku Tenggara dalam sambutannya menyatakan: Percepatan Pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara adalah merupakan bagian dari upaya strategis untuk pencapaian target-target nasional. Seperti yang dikatahui, bahwa Kabupaten Maluku Tenggara di Provinsi Maluku adalah daerah berciri kepulauan yang sudah ditetapkan sebagai lokasi prioritas pengelolaan perbatasan negara.

Kabupaten Maluku Tenggara adalah Kabupaten yang berbatasan langsung di wilayah perarian dengan negara tetangga Australia. Hal ini sebagaimana ditetapkan dalam Perpres Nomor 33 Tahun 2015, Perpres Nomor 18 Tahun 2020, dan Perpres Nomor 112 Tahun 2022.

Selain itu, Pulau Nuhu Yuta tau Pulau Kei Besar juga ditetapkan sebagai Pulau-Pulau Kecio Terluar (PPKT) sebagaimana diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017.

Adapun dalam upaya pencapaian target RPJMN 2020-2024 sesuai amanat Perpres Nomor 18 Tahun 2020, maka di Kabupaten Maluku Tenggara terdapat Proyek Strategis Priorotas Nasional (Major Project) yang ditetapkan dalam RPJMN untuk penanganan dalam periode 2020-2024, yaitu Pembangunan Jalan Trans Pulau Kei Besar, sepanjang 101,6 km. Realisasi sampai dengan tahun 2022 baru mencapai sekitar 30,53 persen dari target.

Upaya untuk mendorong percepatan pembangunan jalan trans pulau kei besar terus dilakukan dengan mendorong kolaborasi pendanaan. Baik itu APBD Kabupaten Maluku Tenggara, APBD Provinsi Maluku dan APBN.

Dalam kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tenggara menguraikan sejumlah kebutuhan pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara yang meliputi 3 (tiga) aspek besar yaitu: Aspek Pembangunan Manusia, Aspek Pembangunan Ekonomi dan Aspek Pembangunan Infrastruktur.

Terdapat pula sejumlah usulan paket Kegiatan DAK dan APBN yang diusulkan oleh pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara kepada Kementerian dan lembaga yang disampaikan dan dibahas dalam workshop pembangunan. Harapannya, melalui workshop ini, ada perhatian dan dukungan pemerintah pusat dalam upaya mendorong percepatan pembanguan di Kabupaten Maluku Tenggara. (ibs)

Exit mobile version