Perkokoh Sinergisitas, JBMI Gelar Halal Bi Halal dan Unjuk Keteladanan

halal-bihalal-JBMI

Acara halal bihalal JBMI (Jam'iyah Batak Muslim Indonesia).

INDOPOS.CO.ID – Di tengah kian terkikisnya sikap santun di negeri ini, sejumlah kisah keteladanan muncul di acara halal bi halal JBMI (Jam’iyah Batak Muslim Indonesia). Digelar di Medan, Minggu (30/04/2023), kehadiran Ketua Umum JBMI, H. Arif Rahmansyah Marbun disambut hangat oleh ratusan kader JBMI se-Sumatera Utara.

Acara Halal Bi Halal sekaligus penyerahan SK DPC JBMI Se-Sumut ini, diwarnai dengan diskusi bersama Ketua Umum JBMI, H. Arif Rahmansyah Marbun, yang didampingi oleh Ketua Harian DPP JBMI, Faisal Alfansury Simanjuntak, Ketua DPW JBMI Sumut, Iqbal P. Simangungsong, Wakil Ketua DPW JBMI Sumut, Arifai Tambunan, serta perwakilan dari unsur pengurus lainnya.

Diskusi yang berfokus pada penguatan visi misi tersebut, juga mengarah pada persiapan pelantikan pengurus DPC JBMI Kabupaten/Kota di Sumut yang akan digelar pada Juni 2023 mendatang, serta laporan kegiatan-kegiatan masing-masing DPC.

“JBMI bukanlah ormas biasa. Ini ormas istimewa. Kadernya datang dari beragam latar. Mulai ulama, kalangan lintas ormas islam, politisi dari berbagai lintas partai, birokrat, akademisi, kaum profesional, hingga pengusaha. Spirit Dalihan Na Tolu menjadi pegangan kuat JBMI,” buka Arif Rahmansyah Marbun di acara itu.

Dengan spirit Dalihan Na Tolu, sebuah falsafah Batak yang membawa pesan nasionalisme, memperkuat nilai luhur, dan penuh dengan harapan terwujudnya masyarakat yang hidup sejahtera serta selamat dunia dan akhirat.

“Budaya (Dalihan Na Tolu) ini harus terus kita jalankan untuk mencegah keroposnya nilai-nilai luhur yang melekat dalam bangsa ini,” imbuh Arif Rahmansyah, Ketua Umum JBMI yang juga Staf Khusus Wakil presiden RI.

Karena ‘spirit’ itulah, gerakan JBMI diketahui banyak membuat keteladanan. Beberapa di antara yang teranyar, terlapor di acara itu.

Di Labusel, misalnya. Secara kolektif, JBMI bahu-membahu menggerakan program pembinaan terhadap mualaf. “Kami tak ingin para mualaf kembali kehilangan arah karena tidak mendapat wawasan tentang Islam sejak mereka mengucap syahadat,” kata seorang pengurus DPC JBMI Labusel.

Di Labuhan Batu Utara (Labura), JBMI bahkan turut terlibat dalam merancang pembangunan daerahnya, dan menjalankan program gerakan panen raya bersama 8000 petani dan pembinaan terhadap pesantren di daerah tersebut.

Dan banyak laporan dari DPC Kabupaten/Kota lainnya yang saling menginspirasi dan menjadi teladan.

Hadir juga dalam acara tersebut, Waketum DPP JBMI Lokot Nasution, Waketum DPP JBMI Adlin Tambunan yang juga Wakil Bupati Serdang Berdagai, Ketua DPP JBMI Aminullah Siagian, Hasbi Simanjuntak selaku Sekretaris JBMI Sumut, Ichwan Habib Nasution selaku bendahara DPW Sumut, serta Zulkifli Sitorus Wakil Ketua DPW Sumut, dan tokoh lainnya.(gin)

Exit mobile version