Longsor di Kabupaten Luwu, 4 Orang Meninggal

luwu

Tim gabungan dibantu warga berupaya melakukan pencarian korban di lokasi kejadian tanah longsor di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan pada Senin (26/2/2024). (Dok. BPBD Kabupaten Luwu)

INDOPOS.CO.ID – Longsor melanda Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Akibat kejadian tersebut empat orang dilaporkan meninggal dunia dan 10 orang lainnya dilarikan ke Puskesmas terdekat. Kejadian itu terjadi pada, Senin (26/2/2024).

Selain itu, longsor diperkirakan juga menimbun setidaknya 15 unit motor dan 2 unit mobil, dengan panjang jalan tertimbun lebih kurang 100 meter.

Kejadian tanah longsor di Jalan Poros Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi pada segmen tebing dengan struktur tanah yang labil.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, material longsor dari sisi bukit menerjang pengendara kendaraan yang sedang melintas jalan tersebut.

Mobilitas warga Kecamatan Bastem Utara terputus. Akses jalan poros Desa Bonglo tidak dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat karena timbunan material longsor.

“Hingga saat ini, tim gabungan masih berupaya melakukan pencarian korban di lokasi kejadian,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya, Senin (26/2/2024).

BNPB mengimbau, warga untuk selalu waspada atas potensi tanah longsor susulan mengingat hujan masih sering turun di wilayah Kecamatan Bastem Utara.

Apabila terjadi hujan deras dalam periode lebih dari satu jam dan jarak pandang kurang dari 100 meter, maka masyarakat yang sedang berkendara diimbau untuk mencari lokasi yang aman dan menepi sejenak.

“Hindari berada dekat dengan lereng tebing yang berpotensi longsor,” imbaunya. (dan)

Exit mobile version