Kementan Dampingi Komisi IV DPR RI Kunker Pastikan Ketersediaan Pasokan Pangan Aman

Bulog-Banjarkemantren-II

Kementerian Pertanian mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR RI meninjau dan melakukan diskusi di Kantor dan Gudang Bulog Banjarkemantren II, Surabaya.

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR RI meninjau dan melakukan diskusi di Kantor dan Gudang Bulog Banjarkemantren II, Surabaya terkait upaya peningkatan ketersediaan pasokan pangan di Provinsi Jawa Timur dari hulu Hingga hilir, Kamis, 29 Februari 2024.

Ketua rombongan, I Made Urip menyampaikan bahwa kecukupan pangan bagi masyarakat dunia sangat penting. Oleh karena itu, I Made Urip menambahkan setiap negara akan mendahulukan pembangunan ketahanan pangan sebagai fondasi bagi sektor-sektor strategis lainnya.

“Upaya pemenuhan kebutuhan pangan telah diatur dalam Undang-Undang No 18 Tahun 2012 tentang Pangan sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas,” ungkapnya.

Dikatakan Made, sarana produksi yang mempunyai peranan sangat penting salah satunya adalah ketersediaan pupuk yang berkualitas, mencukupi dengan harga yang terjangkau.

“Melalui kunker dan pertemuan ini, harapannya dapat digali informasi dan kebutuhan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan pangan, dan upaya peningkatan produksi komoditas pangan beserta ketersediaan pupuk di Jawa Timur,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Pembiayaan Kementerian Pertanian Indah Megawati yang turut mendampingi mejelaskan bahwa Kementan terus berupaya menjaga produksi melalui percepatan tanam dan optimlaisasi lahan rawa.

“Saat ini kami konsentrasi di Sumatera Selatan yaitu untuk optimlaisasi lahan rawa. Ada 500 ribu hektar lahan rawa yang menjadi target. Sementara khusus di direktorat kami, di pembiayaan, KUR dengan target serapan sebesar Rp 100 triliun,” kata Indah.

Sebagai informasi, bantuan pupuk subsidi mengalami kenaikan dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton. Peningkatan tersebut diharapkan menjadi salahsatu jawabn atas keluhan petani. (srv)

Exit mobile version