Terendam Banjir, 3 Jalur Alternatif Disiapkan di Demak dan Kudus untuk Pemudik

Jalan-Demak-Kudus

Jalan raya Demak-Kudus kembali terendam banjir pasca jebolnya tanggul Sungai Wulan di wilayah Tanggulangin pada, Minggu (17/3/2024). Foto: Dok BNPB

INDOPOS.CO.ID – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan, jalur arternatif di wilayah Demak dan Kudus, Jawa Tengah akibat terdampak bencana banjir. Langkah tersebut dilakukan untuk memperlancar mudik Lebaran 2024.

Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, jalan di KM 41 hingga 45 ruas Pantura Demak-Kudus terdampak banjir sangat parah. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memperbaikinya.

“Itu dari PUPR sudah menjamin waktu pengerjaan perbaikan ini h-10 tadi sudah mantap sudah 95 kemantapannya. Artinya bisa dilalui dengan baik,” kata Aan di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Jalur alternatif yang disiapkan berdekatan dengan Kabupaten Demak dan Kudus. Seperti melalui wilayah Semarang dan tiga wilayah lainnya.

“Kalau nanti terjadi banjir di tempat yang sama, Demak, Kudus kita sudah menyiapkan tiga jalur alternatif untuk pengalihan arus nanti ada yang melalui Sayung, Purwodadi, Blora, Rembang,” ujar Aan.

“Jadi, sudah kita siapkan alternatif juga di tempat yang rawan bencana sudah kita petakan,” tambahnya.

Daerah tujuan mudik terbanyak, yaitu Jawa Tengah sebesar 31,8 persen (61,6 juta orang), Jawa Timur sebesar 19,4 persen (37,6 juta orang), dan Jawa Barat sebesar 16,6 persen (32,1 juta orang). Itu berdasar survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Jadi hasil survei dari Kementerian Perhubungan untuk tahun ini tujuan terbanyak ada di Jawa Tengah, kedua di Jawa Timur, dan Jawa Barat,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version