Ini Kunci Strategi Balap Elektrik Formula E

Michelin

Seorang pekerja mengoleskan pelumas ke ban Michelin. Foto : Ist

INDOPOS.CO.ID – Mengembangkan teknologi-teknologi ban terbaru sudah menjadi keharusan dalam dunia balapan. Pemilihan ban menjadi semakin vital dan penting dalam strategi memenangkan balapan.

Manager Program Formula E Michelin, Mirko Pirrachio mengatakan, pembalap Formula E saat ini diberikan alokasi maksimum hanya delapan ban (dua set) per pertandingan e-prix, serta 12 ban untuk akhir pekan dengan dua kali pertandingan.

”Baik dalam tahapan Grup maupun Duel masing-masing tim diperbolehkan mengganti ban sesuai kebutuhan pembalap. Namun alokasi yang diberikan hanya dua pasang ban untuk digunakan sepanjang hari balapan, mulai dari sesi latihan, kualifikasi, hingga pertandingan. Sehingga mereka harus menggunakan ban yang sama berulang-ulang,” katanya, Jumat (17/2/2022).

Dengan demikian, pembalap akan sangat bergantung pada ban yang bisa optimal di segala cuaca serta memiliki daya tahan mumpuni.

Secara rancang bangun Pilot Sport EV sangat mirip dengan ban yang digunakan di jalan raya pada umumnya dengan pola tapak dan ukuran yang sering dijumpai pada kendaraan touring.

Namun, Pilot Sport EV untuk kejuaraan Formula E dilengkapi teknologi yang memungkinkan ban digunakan sepanjang kejuaraan dari awal hingga akhir, mulai dari sesi latihan, kualifikasi, hingga balap pertandingan.

“Pembalap Formula E akan terbantu dengan Pilot Sport EV karena serbaguna dan tahan lama. Namun yang terpenting, pembalap bisa memilih pengaturan yang berbeda dan menerapkan tekanan ban yang juga berbeda,” ujarnya. (son)

Exit mobile version