Kemenangan Jepang Lawan Spanyol Diwarnai Gol Kontroversial

kontroversial

Bola tampaknya melewati garis sebelum Kaoru Mitoma dari Jepang memberikan umpan silang kepada rekan setimnya Ao Tanaka untuk memberi mereka keunggulan 2-1 melawan Spanyol. (skysports.com)

INDOPOS.CO.ID – Jepang mengukir sejarah di Piala Dunia saat gol yang sangat kontroversial membuat mereka bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Spanyol dengan skoe 2-1 dan merebut posisi teratas di Grup E, di Khalifa International Stadium, Jumat (1/12/2022) dini hari WIB.

Sementara Spanyol, yang berada di bawah asuhan Luis Enrique membutuhkan selisih gol untuk melaju sebagai runner-up di atas Jerman.

Spanyol benar-benar dominan di babak pertama di Stadion Internasional Khalifa dan tampaknya akan maju di tempat pertama setelah Alvaro Morata mencetak gol ketiganya pada menit ke-11.

Tapi itu semua berubah setelah memasuki babak kedua. Pemain pengganti Ritsu Doan menyamakan kedudukan dengan tembakan dari tepi kotak penalti pada menit ke-48 dan gol Ao Tanaka setelah menerima umpan dari Kaoru Mitoma pada menit ke-51 yang dinilai kontroversial.

Hasil ini menempatkan Jepang sebagai pemuncak klasemen Grup E dengan koleksi enam poin. Sedangkan Spanyol harus puas berada di posisi kedua dengan empat poin.

Ofisial di lapangan awalnya mengesampingkan gol kontroversial tersebut, karena bola telah keluar dari garis. Kendati dalam tayangan ulang awal tampaknya mendukung keputusan ofisial. Namun VAR memutuskan bahwa gol itu harus dihitung. Pandangan udara kemudian menunjukkan bahwa bola sebenarnya tidak sepenuhnya melewati garis.

Gol kontroversial ini membawa sial buat Jerman. Kendati menang dengan skor meyakinkan 4-2 melawan Kosta Rika, Jerman tetap tersingkir karena Spanyol lebih unggul dari perhitungan selisih gol. Di mana Spanyol pernah mengalahkan Kosta Rika dengan skor 7-0.

Spanyol akan menghadapi Maroko di babak 16 besar. Sementara Jepang, yang juga bangkit dari ketertinggalan mengalahkan Jerman namun kalah dari Kosta Rika dalam babak penyisihan grup, akan menghadapi Kroasia. (dam)

Exit mobile version