Fernando Santos Berhenti dari Pelatih Portugal

Fernando-Santos

Pelatih kepala Portugal Fernando Santos. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Fernando Santos meninggalkan perannya sebagai pelatih Portugal setelah tersingkir dari Piala Dunia menyusul kekalahan mengejutkan Portugal 1-0 dari Maroko di perempat final di Qatar.

Santos, yang memimpin Portugal meraih kemenangan di Euro 2016 serta Liga Bangsa-Bangsa perdana pada 2018-2019, mengambil keputusan berani untuk mencoret Cristiano Ronaldo setelah babak penyisihan grup.

Itu terbayar di babak 16 besar, saat pengganti Ronaldo Goncalo Ramos mencetak hat-trick dalam kemenangan 6-1 atas Swiss.

Ronaldo masuk sebagai pemain pengganti di pertandingan perempat final melawan Maroko.

Santos berulang kali menghadapi pertanyaan terkait upaya menjatuhkan Ronaldo. Mantan pemain depan Manchester United itu menyangkal laporan yang mengklaim dia mengancam akan meninggalkan Qatar.

“Itu adalah momen yang tepat untuk memulai siklus baru meskipun Santos terikat kontrak hingga setelah Euro 2024,” kata Federasi Sepak Bola Portugal seperti dilansir Sky Sports, Jumat (16/12/2022).

Portugal sekarang akan memulai proses memilih pelatih kepala baru, dengan bos Roma Jose Mourinho salah satu favorit awal untuk jabatan tersebut.

“Merupakan suatu kehormatan memiliki pelatih dan orang seperti Fernando Santos di tim nasional,” bunyi pernyataan dari Federasi Sepak Bola Portugal.

Portuguese Football Federation (FPF) berterima kasih kepada Fernando Santos dan tim teknisnya atas layanan yang diberikan selama delapan tahun yang unik. Ucapan terima kasih ini juga dibuat atas nama rakyat Portugal.

“Dewan FPF sekarang akan memulai proses pemilihan pelatih nasional berikutnya,” kata Dewan FPF. (dam)

Exit mobile version