Southampton Singkirkan Man City dari Semifinal Piala Carabao

Para-Pemain-Southampton

Para pemain Southampton melakukan selebrasi setelah mengalahkan Man City dalam laga perempat final Piala Carabao. (Instagram southamptonfc.)

INDOPOS.CO.ID – Southampton berhasil menyingkirkan favorit juara Piala Carabao Manchester City dari semifinal.

Bermain di Saint Mary’s Stadium, Southampton mempermalukan Man City dengan skor telak 2-0, pada laga perempat final Piala Carabao, Kamis (12/1/2023) dini hari WIB.

Dua gol tersebut tercipta di babak pertama lewat pemain Sekou Mara pada menit ke-23. Selanjutnya giliran tendangan lob Moussa Djenepo yang merobek jala tim tamu di menit ke-28.

Kemenangan ini mengantarkan Southampton menyusul tiga tim lain yang mencapai semifinal yaitu Manchester United, Newcastle United, dan Nottingham Forest.

Man City tampil menguasai bola namun tidak mampu menciptakan peluang untuk mencetak gol. Sebaliknya Southampton minim penguasaan bola dibalas dengan memaksimalkan setiap peluang yang ada untuk mengancam dan mencetak gol.

Southampton bisa mencetak gol lebih dulu di menit ke-23. Sekou Mara memanfaatkan umpan silang yang sangat bagus dari rekannya. Proses serangan ini bermula ketika Sergio Gomez.

Tuan rumah menggandakan keunggulan di menit ke-28. Moussa Djenepo dengan pintar melakukan tendangan lob saat melihat kiper Stefan Ortega sedikit lebih maju dari wilayahnya.

Man City berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Total tiga tembakan milik anak asuhan Pep Guardiola kalah dari enam tembakan dari Southampton.

Ini adalah pertama kalinya tim Guardiola gagal melaju dari pertandingan perempat final domestik setelah sebelumnya memenangkan 15 besar, termasuk sembilan terakhir sejak mengambil alih City.

Guardiola merespons dengan memasukkan De Bruyne, Nathan Ake, dan Manuel Akanji untuk babak kedua setelah Kyle Walker yang dimainkannya sebagai bek tengah tidak membuahkan hasil.

De Bruyne hampir membuat dampak langsung tetapi, setelah bola terobosannya membelah pertahanan Southampton, Julian Alvarez melepaskan tembakan melebar.

Grealish, ditundukkan di sayap kiri, kemudian digantikan oleh Haaland, tetapi City gagal memasukkan bola ke striker bintang mereka.

Pembukaan terbaiknya terjadi pada menit ke-73 ketika dia memanfaatkan lebih dari setengah peluang tetapi Southampton menciptakan lebih banyak bahaya di ujung yang lain dan upaya pemain pengganti Che Adams dianulir karena offside.

Permainan Man City lebih hidup dengan masuknya Kevin de Bruyne. Dalam waktu singkat, ia berhasil mengkreasikan sejumlah serangan bagi Man City.

Peluang datang lagi di menit ke-78. Kali ini sepakan Alvarez tepat sasaran, sekaligus tembakan tepat sasaran pertama Man City di laga ini. Sayangnya, tendangannya dapat dihentikan kiper Bazunu.

Tidak ada tambahan gol yang tercipta hingga akhir pertandingan. Southampton yang sudah unggul dua gol pun memilih untuk fokus bertahan. (dam)

Exit mobile version